10 Objek Wisata di Kota Jambi yang paling Menarik

shares |

Kota Jambi merupakan ibukota provinsi Jambi yang terletak di bagian timur pulau sumatera. Kota Jambi merupakan kota yang memiliki geliat pembangunan yang sangat cepat. Ketika berkunjung ke kota Jambi ada beberapa tempat yang harus Anda kunjungi untuk menikmati keindahan kota ini. 

Tempat-tempat tersebut memang selalu ramai karena minimnya objek wisata yang ada di Kota Jambi. Ini merupakan potensi besar bagi investor yang ingin berinvestasi di bidang pariwisata di Kota Jambi karena setiap ada tempat wisata baru selalu diserbu ramai pengunjung walaupun tempat wisata tersebut belum selesai.

Berikut ini 10 tempat wisata di kota Jambi yang menawarkan pemandangan indah.

1. Tanggo Rajo

Tanggo Rajo terletak di depan Rumah Dinas Gubernur Jambi. Merupakan salah satu pusat jajanan yang juga menawarkan keindahan pemandangan sungai Batanghari dan pemandangan Jambi Kota Seberang.

Pada saat matahari terbenam, merupakan waktu terindah yang dapat dinikmati dari tanggo rajo ini. Selain itu, kita dapat melihat aktivitas masyarakat di sungai Batanghari.

2. Jembatan Pedestarian Gentala Arasy

Jembatan yang menghubungkan kota jambi dengan seberang kota Jambi mulai dibangun tahun 2012. Pedestarian Gentala Arasy terhubung museum budaya dengan corak arsitektur Islam yang terletak di Seberang Kota Jambi, Jambi. Jembatan pedestrian selebar 4,5 meter dan panjang 503 meter. Di puncak menara museum ini, terdapat jam besar yang bisa dilihat dari kejauhan.

Jembatan yang dibangun dengan anggaran senilai Rp 88,7 miliar dalam tiga tahun anggaran 2012-2014 merupakan proyek dari masa pemerintahan Hasan Basri Agus, dan diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada tanggal 28 Maret 2015.


3. Kampoeng Radja
Kampoeng Radja (Jambi Theme Park) beralamat. Jln. Lingkar Barat. No. 108 Kenali Besar. Simp. Rimbo Jambi. Berbagai wahana permainan dapat dinikmati di tempat ini, antara lain sepeda air, bumper boat, sarana outbond, point ball, kolam renang dan wahana menarik lainnya.

Luas areal Taman ini  8 Ha dan dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 17.30 WIB. Khusus hari Jum�at mulai buka pukul 14.00 WIB. Sabtu-Minggu (akhir pekan) mulai buka pukul 08.00 hingga 18.00 WIB. Tiap hari selasa tutup, kecuali pada libur panjang (sekolah) maka selasa tetap buka.

4. Taman Rimba
Obyek wisata yang dibangun di atas lahan seluas 18 hektar pada awal tahun 80an ini merupakan obyek wisata andalan di Kota Jambi. Tidak jauh dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin, tepatnya di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi, Propinsi Jambi, Taman Mini dan Taman Rimba Jambi ini dibangun sebagai sarana bermain, taman hiburan dan tempat wisata yang nyaman bagi warga masyarakat setempat.

Di Taman Rimba ada zoo mempunyai koleksi berbagai jenis burung dan hewan langka lainnya seperti: burung rangkok, pelican laut, elang, rajawali, bangau, burung unta, beruang hitam, gajah dan buaya. Untuk berbagai jenis burungnya ditempatkan di dalam ruangan seperti bola yang besar, sedangkan untuk hewan langkanya pengunjung bisa mendekat ke kandang masing-masing hewan langka dan bisa memberikan makanan kepada hewan tersebut. Ada juga gajah yang bisa kamu coba tunggangi yang siap mengantarmu berkeliling arena.

Di dalam taman ini juga terdapat tujuh bangunan rumah adat Jambi, salah satunya Kejang Lako dan tribun sebagai tempat bermain dan olahraga yang dilengkapi dengan taman bunga dan kolam. Akses transport Untuk mencapai tempat ini kamu bisa menggunakan angkutan umum. Bila kamu ke Jambi menggunakan pesawat dan turun di Bandara Sulthan Thaha Syaifuddin, kamu hanya memerlukan waktu +/- 5 menit menggunakan angkutan umum untuk menuju obyek wisata ini karena jaraknya yang hanya sekitar 500 m dari bandara. Untuk masuk ke Taman Rimba ini kamu dikenakan tarif sebesar Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 3.000 untuk anak-anak

5. Jambi Paradise


Jambi Paradise Taman Wisata air  merupakan satu diantara wisata baru di Kota Jambi yang berada di kawasan Palmerah, Simpang Acai. jika nda berkunjung ke sini pada siang hari sebaiknya nda membawa payung karena panas. Tiket masuk seharga Rp20.000 rupiah. Berbagai wahana dapat anda temui di sini seperti bermain perahu, bermain sepeda dan wahana lainnya.

6. Candi Muaro Jambi


Candi ini merupakan candi terluas di Asia Tenggara. Terletak di Desa Muaro Jambi, Kecamatan Muaro Sebo berjarak 26 kilometer atau dapat diakses kurang lebih 30 Menit dari kota Jambi. Anda dapat melalui beberapa jalan alternatif melalui jalan Desa Jambi Kecik, naik pompong dari pasar Angso Duo ataupun menyeberang dari Desa Kemingking. Candi ini merupakan sebuah kompleks percandian agama Hindu-Buddha terluas di Indonesia yang kemungkinan besar merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu. Candi Muaro Jambi ditetapkan menjadi situs warisan dunia pada tahun 2009 lalu.

7. Sanggar Batik

Sanggar Batik jambi bisa nda kunjungi jika Anda adalah penikmat wisata Edukasi. Terletak di Seberang kota jambi. Berdekatan dengan menara Gentala Arasy.

8. Masjid Agung Al Falah Jambi

Masjid ini merupakan masjid kebanggaan propinsi jambi. Memiliki arsitektur unuk yang tidak memiliki dinding dan memiliki banyak tiang menyebabkan masjid ini dijuluki masjid seribu tiang oleh masyarakat


9. Taman Anggrek 

Taman anggrek terletak di depan kantor Gubernur Propinsi Jambi. Taman ini memiliki koleksi berbagai jenis anggrek yang tumbuh di Indonesia.

10. Museum Perjuangan Rakyat Jambi

Museum ini terletak di Simpang Broni. Berisikan benda-benda pusaka dan sejarah dari propinsi Jambi. Museum  ini cukup luas dan memiliki koleksi yang lengkap terkait sejarah propinsi jambi.



Related Posts

0 comments:

Post a Comment