10 PANTAI TERINDAH DI YOGYAKARTA IDAMAN WISATAWAN

shares |

10 Pantai Terindah Di Yogyakarta Idaman Wisatawan 


Pantai Terindah Di Yogyakarta Idaman Wisatawan

ReyGinaWisata - Pariwisata terutama Pariwisata Pantai merupakan salah satu sektor utama bagi Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Banyaknya Tempat Wisata Pantai Terindah Di Yogyakarta mampu menyerap banyak wisatawan untuk berkunjung ke daerah Yogyakarta. Di tempat ini terdapat Pantai Parangtritis yang terkenal memiliki ombak laut yang cukup besar atau Pantai Samas yang terdapat tempat Penangkaran Penyu Langka.

Berikut 10 Pantai Terindah Di Yogyakarta Idaman Wisatawan yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke kota Yogyakarta.

1. Pantai Parangtritis


Pantai Parangtritis

Pantai Parangtritis adalah salah satu Pantai Terindah Di Yogyakarta. Parang Tritis mempunyai keunikan tersendiri dengan pemandangannya yang tidak terdapat pada pantai-pantai lainnya di Indonesia. Selain ombaknya yang cukup besar juga banyak terdapat gunung-gunung pasir atau Gumuk di sekitar pantai.

Tempat wisata yang dikelola oleh Pemkab Bantul ini memiliki sarana dan prasarana yang sudah cukup lengkap seperti wc umum, mushola, tempat bilas, restoran maupun penginapan serta kios-kios yang menjajakan souvenir khas Parangtritis.

Selain itu di pantai ini juga tersedia ATV, Kereta Kuda dan Kuda yang dapat Anda sewa untuk menyelusuri pantai dari timur ke barat serta melakukan olahraga Aermodeling atau Anda juga dapat melakukan aktivitas mandi di Pemandian Parangwedang yang konon air di kolam ini dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit kulit.

2. Pantai Baron


Pantai Baron

Pantai Baron juga meruapakan salah satu Pantai Terindah Di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi. Pantai yang terletak di Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabuapten Gunungkidul. Lokasi Pantai Baron dapat ditempuh 40 km dari kota Yogyakarta.

Asal mula nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan asal Belanda bernama Baron Skeber, Bangsawan tersebut pernah mendaratkan kapalnya di Pantai Selatan tepatnya di pantai yang saat ini terkenal dengan sebutan Pantai Baron. 

Pantai Baron merupakan objek wisata yang berbentuk cekungan dan seperti pantai-pantai lainnya, Di Pantai Baron juga tersedia aneka makanan ikan laut beserta olahannya seperti udang windu, kakap, bawal putih maupun ikan tongkol. Pantai Baron juga terdapat fasilitas tempat pelelangan ikan, wahana permainan anak-anak, perahun bermesin dan toko-toko cindera mata.

Sementara Upacara Sedekah Laut merupakan tradisi yang masih dijalankan oleh masyarakat  Kabupaten Gunungkidul. Pantai Baron adalah salah satu tempat untuk menyelenggarakan upacara sedekah laut yang biasanya diadakan pada setiap tanggal 1 suro dalam penanggalan Jawa setiap tahunnya.

Keunikan lainnya dari Pantai Baron adalah adanya Sungai Bawah Tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan dengan rasa airnya yang tawar meskipun berjarak sangat dekat dengan laut. Anda dapat berenang atau mandi di sungai bawah tanah ini sambil menikmati keindahan bukit-bukit nan hijau disekitar pantai.  

3. Pantai Siung


Pantai Siung

Pantai Siung adalah objek wisata pantai lainnya yang ada di Yogyakarta. Pantai yang terletak di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia ini berjarak sekitar 77 km dari pusat kota Yogyakarta. Selain pemandangan pantainya yang indah, tempat ini juga menawarkan kepada Anda untuk melakukan olahraga Panjat Tebing dengan 250 jalur bertaraf internasional.

Di sepanjang perjalanan menuju Pantai Siung, Anda akan di sambut dengan pemandangan bukit kapur yang ditumbuhi oleh pohon-pohon jati. Jalan berkelok-kelok dan menaik merupakan tantangan yang Anda harus hadapi sebelum tiba di Pantai Siung nan indah ini.

Karena keberadaannya yang sangat terpencil dan juga tersembunyi, fasilitas di pantai inimasih sangat minim. Yang tersedia hanya tempat parkir yang luas, toilet dan warung-warung penjaja makanan. Untuk dapat bermalam di pantai ini, Anda bisa menyewa Pondok Pemanjat yang bentuknya mirip dengan rumah panggung dengan kapasitas sekitar 20 orang. Namun jika Anda ingin bermalam dengan suasana alam, Anda bisa membawa tenda sendiri yang bisa Anda gunakan disekitar tebing-tebing.

4. Pantai Indrayanti


Pantai Indrayanti

Pantai Pulang Syawal atau disingkat dengan Pantai Pulsa adalah salah satu Pantai Terindah Di Yogyakarta dengan suasana menarik dan eksotis. Pada awalnya pantai ini dikenal dengan sebutan Pantai Indrayanti. Penyebutan nama Pantai Indrayanti sebelumnya menuai banyak kontroversi. Indrayanti bukanlan nama pantai, namun nama pemiliki cafe dan restoran. Berhubung nama Indrayanti terpampang di papan nama cafe dan restoran tersebut, akhirnya banyak pengunjung yang menyebut pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. 

Sementara pemerintah setempat menamakan pantai ini dengan sebutan Pantai Pulang Syawal, Namun nama Indrayanti lebih populer daripada nama Pulang Syawal. 

Keterlibatan pihak swasta mengelola Pantai Indrayanti rupanya turut membawa nilai positif, Pantai ini sangat bersih dan terawat dengan baik. Hal ini disebabkan pengelola tak segan-segan menjatuhkan denda sebesar Rp. 10.000,- untuk setiap sampah yang dibuang oleh para pengunjung. Sehingga Pantai Indrayanti menjadi objek wisata pantai yang patut Anda kunjungi.      
 

5. Pantai Samas


Pantai Samas

Pantai Samas adalah salah satu Pantai Terindah Di Yogyakarta yang terletak di Desa Srigading, Sanden, Kabupaten Bantul, Yogyakarta atau berjarak sekitar 24 km selatan Kota Yogyakarta. Pantai Samas terkenal dengan ombaknya yang besar, delta-delta sungai dan danau air tawar yang berbentuk telaga yang oelh pemerintah setempat dijadikan tempat penangkaran Penyu dan Udang Galah serta sarana pemancingan ikan.

Di pantai ini juga sering diselenggarakan ritual keagamaan oleh masyarakat Yogyakarta seperti Upacara Kirab Tumuruning Maheso Suro dan Labuhan Sedekah Laut. Selain ombaknya yang besar, Pantai Samas juga terkenal dengan angin lautnya yang besar serta pasirnya berwarna hitam.

Hamparan pasir Pantai Samas sering digunakan sebagai lokasi bertelur sejumlah Penyu Langka seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Penyu Belimbing atau Penyu Lekang. Penyu-penyu ini sering mendarat Di Pantai Samas untuk bertelur Forum ini menerapkan penetaasan secara semi alami untuk telur-telur penyu yang akan menetas. Biasanya oleh Forum Konservasi Penyu Bantul, telur penyu yang telah diletakan ke dalam pasir oleh induknya akan dipindahkan ke sarang buatan. Setelah menetas anak penyu tersebut diletakkan di kolam pemeliharaan yang dikelola karena yang dilakukan adalah dengan penetasan semi alami. Makan pelepasan penyu ke laut dibutuhkan waktu 3 bulan agar anak penyu tersebut menjadi lebih kuat. 

Setelah 3 bulan, penyu-penyu ini dilepas ke laut oleh murid-murid sekolah sebagai bagian dari pendidikan lingkungan khususnya konservasi penyu.  

6. Pantai Depok


Pantai Depok

Pantai Depok merupakan objek wisata alam yang terletak Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta atau berjarak sekitar 30 km sebelah tenggara kota Yogyakarta. Pantai ini letaknya berdampingan dengan Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo.

Di pantai ini Anda dapat menikmati keindahan pantai selatan dengan ombak yang cukup besar. Di pantai dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Ada petugas pantai (lifeguard) maupun satuan Polisi. Keberadaan mereka cukup menenangkan apabila ada peringatan gelombang laut yang tidak bersahabat dengan wisatawan. 

Sementara bagi Anda yang ingin bermalam di Pantai Depok, Banyak tersedia penginapan berupa Losmen, Motel atau Hotel dengan harga yang cukup terjangkau. 

7. Pantai Trisik 


Pantai Trisik

Pantai Trisik adalah salah satu pantai terindah di Yogyakarta yang terletak di arah tenggara Kulon Progo, tepatnya di Banaran, Galur (kira-kira 20 km dari Wates dan 30 km dari kota Yogyakarta). Pantai Trisik merupakan pantai yang landai dengan hamparan pasir hitamnya yang dibatasi oleh Muara Sungai Progo di sebelah timur. Sungai yang menjadi batas alam Kabupaten Kulon Progo dengan Kabupaten Bantul.

Tidak jauh dari Pantai Trisik terdapat Muara Sungai Progo yang terletak disebelah timur kawasan Pantai Trisik dimana tempat ini terdapat tempat penangkaran habitat Penyu  dan pengamatan burung yang dikelola oleh swadaya masyarakat setempat.

8. Pantai Parangkesumo


Pantai Parangkesumo

Pantai Parangkesumo merupakan objek wisata pantai yang terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta atau berjarak sekitar 30 km dari kota Yogyakarta. Di pantai ini wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai nan indah dengan ombaknya yang cukup besar. Di pantai ini juga terdapat petilasan yang dipercaya merupakan jejak sejarah Panembahan Senopati yang oleh masyarakat Yogyakarta dipercaya sebagai tempat pertemuan Panembahan Senopati dengan Kanjeng Ratu Kidul sehingga setiap tahunnya Pemerintah Daerah Yogyakarta selalu menyelenggarakan Upacara Labuhan di pantai ini yang bertepatan dengan hari kelahiran Sultan yang berkuasa saat ini.

9. Pantai Slili


Pantai Slili

Pantai Slili meruapakan salah satu Pantai Terindah lainnya yang berada di Yogyakarta. Pantai nan indah ini terletak di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi D.I Yogyakarta. Pantai Slili pmasih sangat alami sehingga sangat cocok dijadikan tempat berlibur untuk mendapatkan ketenangan dan ketentraman jiwa. 

Dengan keberadaannya yang sangat tersembunyi, tidaklah heran jika pantai nan indah ini belum banyak dikenal banyak orang, Pantai Slili merupakan Pantai Terbaik yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Dengan panorama yang indah dan sangat eksotis. Jadi tidaklah heran banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini betah dan ingin berlama-lama dipantai yang eksotis ini. 

Keasrian dan kentraman jiwa yang ditawarkan tentunya menjadi alasan lain bagi wisatawan untuk berada di tempat ini hingga barhari-hari lamanya. 

10. Pantai Ngobaran


Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran merupakan Pantai Terindah Di Yogyakarta lainnya yang wajib Anda kunjungi. Pantai yang terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi D.I Yogyakarta ini memiliki panorama pantai yang sunguh indah dan menakjubkan.

Pantai ini sangat indah, Jika air laut sedang surut kan tampak kolam-kolam kecil yang terbentuk dari karang-karang yang tertutup oleh alga (rumput laut) serta biota laut lainnya. Hal inilah yang menopang kehidupan nelayan darat yakni para nelayan yang tidak memerlukan kapal atau perahu untuk mendapatkan hasil laut, Biota-biota laut tersebut seperti Lobster, Landak Laut, Kerang-kerangan, Bintang Laut dan Rumput Laut itu sendiri tentunya.

Nah itulah 10 Pantai Terindah Di Yogyakarta Idaman Wisatawan yang patut Anda kunjungi saat berlibur ke Kota Yogyakarta. Semoga keberadaan sepuluh pantai ini menjadi referensi untuk menentukan tempat wisata pantai yang cocok dengan selera Anda. Selamat berlibur.     





Related Posts

0 comments:

Post a Comment