8 Objek Wisata Bukittinggi Sumatera Barat yang Paling Menarik

shares |

Wisata Menarik- Bukittinggi, mungkin nama kota ini sudah tidak asing lagi bagi Anda. Kota yang terletak di Bagian utara Sumatera Barat ini memiliki pemandangan yang indah, sejarah yang kaya, kuliner yang enak dan dapat menjadi tempat wisata belanja bagi Anda.

Kota ini sangat sejuk karena kota ini terletak di ketinggian 900 mdpl serta dikelilingi bukit-bukit hijau nan indah. Layak memang kota ini menjadi salah satu icon budaya dan wisata Sumatera Barat yang amat mempesona.

Untuk urusan kuliner dijamin kota Bukittinggi sangat kaya dengan sajian kuliner yang super enak. Mulai dari kelezatan Nasi Kapau yang dapat Anda nikmati di siang hari, sate Mak yur sampai Gulai itiak lado mudo akan memanjakan lidah Anda.

Bagi Anda penikmat wisata belanja, kota ini adalah surga belanja. Pasar atas di sebalah selatan jam gadang dapat Anda jadikan tempat untuk membeli oleh-oleh yang murah meriah asal Anda pandai menawar. Tips untuk tawar menawar di sini, jangan lupa kuasai sedikit bahasa minang. Bisa jadi Anda akan mendapatkan setengah harga dari harga yang ditawarkan. 

Bagi Anda yang ingin membeli kerajinan perak, di desa kecil dekat Bukittinggi juga ada sebuah desa pengrajin perak, Koto Gadang namanya. Jika Anda ingin membeli songket dan ukiran kayu khas minang nan indah, kunjungilah Pandai Sikat.

Keren bukan, untuk objek wisata menarik, berikut ini beberapa objek wisata di kota yang berjarak 95 km dari kota Padang ini :

1. Ngarai Sianok
Menakjubkan, sebuah pemandangan indah terhampar nyata di depan mata. Lembah curam yang dihiasi sungai dengan aliran nan indah ini merupakan sebuah keajaiban tersendiri yang ada di Bukittinggi. Karena letaknya di tengah kota, Anda tak perlu khawatir dan bersusah-susah untuk menikmati pemandangan ngarai nan indah ini. Cukup siapkan uang Rp4.000 untuk tiket masuk, Anda sudah dapat masuk untuk menikmati pemandangan nan indah tersebut.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Ngarai Sianok adalah ketika subuh menjelang siang. Mungkin akan menjadi sensasi tersendiri bagi Anda melihat kabut yang menyelimuti singgalang akan semakin menepi dan dibawahnya ada pemandangan nan indah dari ngarai sianok. Untuk mendapatkan pemandangan ngarai sianok terbaik, Anda dapat mengunjungi Taman Panorama yang begitu populer bagi masyarakat setempat.

2. Jam Gadang


Menara dengan tinggi 26 meter ini merupakan Landmark kota Bukittinggi yang amat terkenal di seluruh Indonesia. Jam yang dibangun tahun 1926 ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang wajib dikunjungi ketika Anda ke Bukittinggi. Belum ke Bukittinggi namanya jika Andabeklum singgah dan berfoto di Jam Gadang.

Sekadar informasi, Jam Gadang yang kita lihat saat ini tidaklah sama dengan Jam Gadang saat didirikan dahulu. Jam Gadang sudah kali dipugar. Pada masa Belanda, bentuk kubanya bulat dan pada zaman pendudukan jepang diubah menjadi bentuk pagoda. Dan setelah Indonesia merdeka barulah kuba jam Gadang diubah menjadi bentuk gonjong khas Minagkabau.

3. Benteng Fort De Kock
Benteng yang terletak di jln Yos Sudarso ini merupakan salah satu objek wisata sejarah yang didirikan oleh penjajah Belanda pada tahun 1825. Nah, pemerintah Bukittinggi sangat serius untuk menjadikan benteng ini sebagai salah satu objek wisata tujuan Anda dengan selalu menjaga keindahan dan bangunan benteng ini. saat ini disekeliling benteng ini dijadikan taman yaitu Taman Kota Bukittinggi (Bukittinggi City Park) dan Taman Burung Tropis (Tropical Bird Park).


4. Lobang Jepang atau Goa Jepang
Inilah lobang saksi sejarah kekejaman tentara Jepang pada masa Perang Dunia II. Di dalam bangunan lubang ini ada satu ruangan yang amat mistis yaitu ruang penyiksaan.

Tapi tenang, bagi Anda yang ingin masuk ke lubang Jepang,Anda akan didampingi guide yang selalu setiamenemani Anda dan menjelaskan setiap sisi dari Lobang Jepang tersebut. Untuk tiket masuk Anda cukup mengeluarkan kocek sebesar Rp5.000,- bagi anak-anak dan Dewasa Rp10.000,-

5. Koto Gadang
Siapa bilang Great World hanya ada di Tiongkok. Koto Gadang juga memiliki the Great World yang tak kalah menarik. Janjang seribu namanya. Lokasinya sangat asri dan alami. Di sini tersedia kolam pancing, camping area dan area parkir yang luas.Berjalan menyusuri 1000 anak tangga untuk melihat pemandangan nan indah dari puncak bukit merupakan sebuah sensasi wisata yang harus Anda coba.

Selain itu, di Koto Gadang Anda dapat mengunjungi pengrajin perak dan membelinya sebagai oleh-oleh. Jadi lengkaplah perjalanan Anda dengan oleh-oleh yang dibeli dari Koto Gadang. Anda akan menemukan berbagai macam barang-barang perak yang murah, mulai dari barang perhiasan dari benang mas yang sangat halus sampai jepitan dengan motif bunga.Masalah harga tentunya tak mahal, karena Anda membeli langsung di tempat produksi. Asal pandai tawar menawar.

6. Museum Baanjuang
Museum yang dulunya bernama Museum Bundo Kanduang ini bertujuan untuk menghimpun benda-benda sejarah dan budaya Ranah Minang. Koleksi Museum Rumah Adat Baanjuang ini termasuk dalam kategori etnografika, numismatika, binatang yang diawetkan, dan sebagainya. 

Yang menarik di musium ini terdapat awetan binatang dengan kondisi fisik langka, sebagaimana koleksi yang dipajang di vitrin, terdapat kerbau berkepala dua, berkaki delapan, hingga kambing yang bermuka dua. Benar-benar unik bukan ?.

Lokasinya sangant dekat dengan benteng Fort De Kock dan harga tiket masuk Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp2.000,.

7. Kebun Binatang Bukittinggi 
Kebun Binatang ini bernama Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan. Letaknya berdampingan dengan Museum Baanjuang dan Benteng Fort De Kock. Kebun binatang ini saat ini sedang di revitalisasi menjadi salah satu kebun bintang terbaik di Indonesi dan untuk sementara ditutup.

8. Lembah Harau
Lembah harau merupakan salah satu lembah terindah di Indonesia. Terletak di Jalan antara Pekanbaru dan Bukittinggi, lembah ini menawarkan pemandangan yang benar-benar menakjubkan. Tak salah jika Anda harus menempuh perjalanan sekitar satu setengah jam dari penginapan Anda di Bukittinggi untuk menyaksikan keindahan Lembah Harau.
Menurut saya lembah Harau adalah salahsatu pemandangan terbaik yang ada Di Indonesia. Di sini Anda akan menemukan air terjun setinggi seratus meter nan indah dan menyejukkan. Pokoknya sangat indah. So, jika ke Bukittinggi jadikan Lembah Harau yang ada di Kab. Lima Puluh Kota ini sebagai salah satu destinasi wisata wajib bagi Anda.


Rancak Bana, begitulah kesan mendalam bagi Anda yang mengunjungi Bukittinggi. Tak perlu buang uang Anda untuk jalan-jan ke luar negeri karena negeri ini teramat indah. Baca juga 10 Tempat Wisata Agam Sumatera Barat Paling Menarik

Related Posts

0 comments:

Post a Comment