MENIKMATI KEINDAHAN TAMAN LAUT PULAU MANDEH

shares |

Menikmati Keindahan Taman Laut Pulau Mandeh


Taman Laut Mandeh

ReyGinaWisata - Taman Laut Mandeh merupakan salah satu tempat wisata andalan Provinsi Sumatera Barat yang terletak di pesisir selatan Sumatera Barat Kecamatan Kotto XI Tarusan atau berjarak 56 kilometer dari kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Pulau seluas sekitar 8.000 hektar terdiri dari kawasan pantai, teluk, taman laut dan pulau-pulau kecil disekitarnya ini memiliki pemandangan pantai yang indah serta taman laut yang menakjubkan sehingga banyak wisatawan menjuluki Taman Laut Mandeh sebagai "The Paradise in the South" (Surga di Selatan).

Pulau Mandeh

Di Pulau Mandeh Anda akan dapat merasakan ketenangan dan kedamaian. Menyelam, berenang serta berlayar dari pulau yang satu ke pulau lainnya. Bahkan beberapa wisatawan yang datang ke kawasan ini memanfaatkan danau laut ini untuk berenang dari satu pulau ke pulau lainnya.

Pantai Pulau Mandeh

Di kawasan Pulau Mandeh juga terdapat Kampung Mandeh yang berada di bagian tengah Teluk Carocok Tarusan. Teluk ini cukup landai dan tidak berombak karena disekitarnya terdapat beberapa pulau kecil yang menghalangi seperti Pulau Traju, Pulau Setan Besar dan kecil, Pulau Sironjong besar dan kecil serta Pulau Cubadak

Sementara dibagian selatan kawasan ini tepatnya di Kampung Carocok ada sebuah tanjung meliuk bagaikan kail. Sehingga teluk ini terlihat begitu indah bagaikan sebuah danau yang menakjubkan dengan riaknya yang selalu bernyanyi tak henti-henti.

Taman Laut Mandeh

Di bagian utara Kawasan Pulau Mandeh terdapat beberapa pulau yang melingkar seperti Pulau Bintangor, Pulau Pagang, Pulau Ular dan Pulau Marak yang berdampingan dengan Sikuai Island.

Selain berenang, Di Pulau Mandeh Anda dapat melakukan aktivitas penyelaman untuk menyaksikan Keindahan Taman Laut Pulau Mandeh. Terumbu karang dari berbagai jenis serta biota laut lainnya serta ikan karang warna warni dapat Anda temukan di perairan ini. Selainh itu di Kawasan Taman Laut Mandeh terdapat Spot Diving Kapal atau Shipwreck terbaik di Indonesia pada kedalaman 20-25 meter dibawah permukaan laut yang diduga dari sebuah kapal kargo Belanda MV Boelongan yang di bom oleh tentara Jepang pada tahun 1942.

Taman Laut Mandeh

Kawasan Taman Laut Mandeh seluas 70 hektar ini terdapat terumbu karang yang masih alami dan terawat dengan baik serta biota laut lainnya yang beraneka ragam. Mandeh juga memiliki teluk yang cukup luas dan indah, ombak yang tenang, air laut yang jernih, hutan mangrove seluas 389 hektar serta pantai nan indah dengan hamparan pasir putih nan bersih dan lembut.  

Akses menuju Taman Laut Pulau Mandeh

Gerbang masuk ke Taman Laut Pulau Mandeh dapat Anda capai melalui jalur laut dan jalan darat. Bila Anda naik kapal atau boat bisa melalui Pelabuhan Bungus, Gaung, Teluk Bayur atau dari Pelabuhan Muara Padang serta Teluk Tarusan. Sementara jika Anda ingin melalui jalur darat terdapat tiga alternatif dari tiga ruas jalan yang berbeda. Alternatif pertama dari Pasar Tarusan melalui Simpang Carocok. Alternatif kedua dari Bungus terus ke Sungai Pinang dan Sungai Nyalo. Ruas jalan ketiga adalah melewati Carocok terus meyelusuri bibir pantai dan perbukitan yang landai sepanjang 12,5 meter.  

Taman Laut Pulau Mandeh

Nah sekarang siapkan kamera terbaik Anda, nikmati Keindahan Taman Laut Pulau Mandeh. Landcapenya, pulau-pulaunya serta pantainya dengan segala keindahannya Mandeh adalah Surga Bagi Fotografer. 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment