10 WISATA ANDALAN INDONESIA

shares |

10 Wisata Andalan Indonesia  


10 Wisata Andalan Indonesia

ReyGinaWisata - Indonesia adalah sebuah negara yang terletak di Asia Tenggara yang dilintasi oleh Garis Khatulistiwa dan berada di antara benua Asia dan benua Australia serta antara Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia. Indonesia juga merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang banyak memiliki tempat-tempat wisata indah dan menarik untuk Anda kunjungi yang menjadi Wisata Andalan Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara seperti Keindahan Pulau Bali, Keindahan Alam Bawah Laut Kepulauan Raja Ampat atau Tempat Surfing Terbaik Di Dunia yang ada di Pantai Sorake dan Nihiwatu serta keanekaragaman seni budaya Yogyakarta yang sangat menakjubkan.

Berikut 10 Wisata Andalan Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara setiap tahunnya.

1. Pulau Bali


Pulau Bali

Bali adalah primadona Wisata Andalan Indonesia yang sudah terkenal di seluruh dunia. Selain terkenal akan keindahan alamnya, terutama pada pantainya, Bali juga terkenal dengan kesenian dan budayanya yang unik dan menarik. Lokasi utama pariwisata di Bali adalah di Kuta dan sekitarnya seperti di Legian dan Seminyak. serta daerah lainnya seperti Sanur, Ubud, Jimbaran, Nusa Dua dan juga Pecatu. 

Bali adalah tempat tujuan wisata yang sangat lengkap dan terpadu serta memiliki banyak tempat wisata indah dan menarik lainnya seperti Pantai Kuta, Pura Tanah Lot, Pantai Padang-Padang, Danau Beratan Bedugul, Garuda Wisnu Kencana, Pantai Lovina dengan lumba-lumbanya, Pura Besakih, Uluwatu, Ubud, Munduk, Kintamani, Amed, Tulamben, Pulau Menjangan dan masih banyak lagi yang lainnya yang akan membuat Anda terkesima dan takjub meluhat keindahan alam Bali.


2. Pulau Lombok


Pulau Lombok

Dalam banyak hal Pulau Lombok mirip dengan Pulau Bali. Pulau ini mulai dikenal sebagai Tempat Wisata Andalan Indonesia dan dikenal oleh wisatawan mancanegara sejak tahun 1990-an.  Di Pulau Lombok Anda dapat menikmati keindahan alam dan budaya seperti di Pantai Senggigi, Pantai Kuta Lombok, Gili Air, Gili Trawangan, Gili Meno, Gunung Rinjani, Air Terjun Sendang Gile, Taman Narmada, Desa Megalitikum Sade, Pura Suranadi, Pura Lingsar dan tempat-tempat lainnya yang akan membuat Anda nyaman dan tenang berlibur ke Pulau Lombok.

3. Kepulauan Raja Ampat


Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu Pariwisata Andalan Indonesia dan merupakan tempat yang sangat didambakan oleh para pecinta dunia bawah air. Perairan di Kepulauan Raja Ampat merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Gugusan pulau yang terletak di ujung barat dari Pulau Papua, Indonesia ini mempunyai kawasan karang terbaik di Indonesia. Sekitar 450 jenis karang sempat diindetifikasi selama dua pekan penelitian di daerah itu.

Tim ahli dari Conservation Internasional, The Natural Convervancy dan Lembaga Oseanografi Nasional (LON) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mencatat bahwa di Perairan Raja Ampat terdapat lebih 540 jenis karang keras (75% dari total jenis di dunia) lebih dari 1.000 jenis ikan karang, 700 jenis moluska dan catatan tertinggi bagi gonodactyloid stomatopod crustaceans dan ini menjadikan 75% spesies karang karang dunia berada di Perairan Kepulauan Raja Ampat.

4. Daerah Istimewa Yogyakarta


Daerah Istimewa Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa setingkat provinsi di Indonesia yang merupakan peleburan Negara Kesultanan Yogyakarta dan Negara Kadipaten Paku Alaman yang terletak di bagian selatan Pulau Jawa. Dengan luas wilayah sekitar 3.185.80 kilometer persegi, wilayah Yogyakarta banyak terdapat sumber alam dan budaya yang sangat beragam dan banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara.

Pariwisata Yogyakarta merupakan sektor utama bagI Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyaknya objek dan daya tarik wisata alam dan budaya telah banyak menyerap kunjungan wisatawan untuk datang ke wilayah ini. Bentuk wisata seperti Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata minat khusus dan berbagai fasilitas wisata lainnya seperti resort, hotel, dan restoran serta berbagai seni budaya tradisional yang ada seperti Upacara Grebeg, Upacara Saparan Bekakak, Tradisi Nguras Enceh, Tradisi Cupu Mandala atau Jamasan Kereta Pusaka, Keanekaragaman upacara keagamaan dan budaya dari berbagai agama serta didukung oleh kreativitas seni dan kermahan masyarakatnya membuat Daerah Istimewa Yogyakarta mampu menciptakan produk-produk budaya dan pariwisata yang menjanjikan dan layak untuk Anda saksikan. 

5. Candi Borobudur


Candi Borobudur

Borobudur juga merupakan Tempat Pariwisata Andalan Indonesia yang berupa sebuah Candi Budha yang terletak di Desa Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut Agama Budha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra. Borobudur adalah Candi Budha Terbesar Di Dunia sekaligus salah satu Monumen Budha Terbesar Di Dunia.

Sebagai Candi Budha Terbesar dan Terindah Di Dunia, UNESCO menjadikan situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO. yang hingga saat ini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan. Setiap tahunnya ummat Budha dari seluruh Indonesia dan juga mancanegara berkumpul di Candi Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. Sementara dalam Dunia Pariwisata Indonesia, Borobudur merupakan salah satu Pariwisata Andalan Indonesia dan paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan.  

6. Pantai Sorake


Pantai Sorake

Pantai Sorake adalah salah satu Tempat Wisata Andalan Indonesia bagi para peselancar kelas dunia. Pantai yang terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara Indonesia ini memiliki ombak yang sangat tinggi. Setiap tahun banyak para peselancar kelas dunia datang ke tempat ini untuk menaklukkan gelombang laut setinggi 4-6 meter dari Samudera Hinda yang memang sangat ganas. 

Di pantai Sorake juga sering mengadakan kompetisi selancar baik yang bersifat nasional maupun internasional yang pesertanya banyak datang dari seluruh dunia. Nias Open adalah salah satu kejuaraan yang diselenggarakan di pantai ini.

7. Nihiwatu


Nihiwatu

Nihiwatu adalah salah satu pantai surfing terbaik di dunia yang berada di Pulau Sumba, Indonesia.Badai yang datang dari Samudra Selatan yang datang ribuan kilometer melintasi Samudra Hindia menjadikan gelombang yang datang ke Pantai Nihiwatu menjadi surga bagi para peselancar kelas dunia dengan ketinggian gelombang sekitar 6 meter.

Biasanya gelombang besar akan datang pada bulan April hingga Oktober setiap tahunnya dengan puncaknya terjadi antara bulan Juli-Agustus. Di tempat ini banyak jenis gelombang yang datang sehingga sangat cocok bagi para peselancar kelas Pemula, Amatir hingga Profesional.

Selain sebagai surga bagi para peselnacar, di tempat ini Anda juga dapat menikmati pantainya yang elok dan cantik, ragam budaya yang istimewa serta hotel-hotel yang menawarkan sejuta kenyamanan dan kenikmatan di waktu berlibur Anda dengan resort dan hotel-hotel berkelas dunia. Dengan dipilihnya Nihiwatu sebagai Hotel Terbaik Di Dunia pilihan situs perjalanan Tripadvisor.

8. Puncak Cartenzs


Puncak Cartenzs

Puncak Cartenzs atau Puncak Jaya adalah sebuah puncak yang menjadi bagian dari Barisan Sudirman yang terdapat di Provinsi Papua, Indonesia. Puncak yang memiliki ketinggian 4.884 mdpl ini memiliki gletser Cartenzs, satu-satunya gletser tropika di Indonesia yang kemungkinan besar akan segera lenyap akibat pemanasan global.

Puncak ini merupkan gunung tertinggi di Indonesia kawasan Ocenia dan merupakan salah satu dari Tujuh Puncak Tertinggi di Dunia.

9. Kepulauan Derawan


Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia. Di kepulauan ini terdapat banyak tempat objek wisata bahari yang salah satunya adalah Taman Bawah Laut yang banyak diminati oleh para penyelam kelas dunia.Di Kepulauan Derawan sedikitnya ada empat pulau yang sangat terkenal akan keindahan pantai dan bawah lautnya seperti Pulau Maratua, Pulau Derawan, Pulau Sangalaki dan Pulau Kakaban yang banyak dihuni oleh hewan langka Penyu Hijau dan Penyu Sisik.

Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting untuk kehidupan Terumbu Karang, Padang Lamun dan Hutan Bakau (Hutan Mangrove). Selain itu di kepulauan ini juga banyak terdapat spesies yang dilindungi seperti Penyu Hijau, Penyu Sisik, Paus, Lumba-Lumba, Kima, Ketam Kelapa, Ikan Duyung, Ikan Barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Sementara untuk Terumbu Karang di Periran Kepulauan Derawan tersebar luas pada seluruh pulau yang ada. Tipe terumbu karang yang ada di Perairan Kepulauan Derawan terdiri dari Karang Tepi, Karang Penghalang dan Atol. Dan Atol inilah yang telah terbentuk menjadi pulau dan danau air asin. 

"Survei Manta Tow 2003" menunjukkan tutupan rata-rata terumbu karang di Pulau Panjang adalah 24,25% untuk karang keras dan 34,88% untuk karang hidup. Sementara Terumbu Karang di Pulau Derawan memiliki tutupan rata-rata karang keras 17,41% dan tutupan karang hidup 27,78% dengan jumlah spesies 460-470 hal ini menuniukkan bahwa Kepulauan Derawan memiliki kekayaan biodiversitas nomor dua di Indonesia setelah Kepulauan Raja Ampat.  

10. Hutan Hujan Tropis Sumatera


Hutan Hujan Tropis Sumatera

Hutan Hujan Tropis Sumatera adalah tempat pelestarian bagi Hutan Hujan Tropis di Sumatera dan habitat bagi beberapa spesies hewan yang hampir punah seperti Harimau Sumatera, Orangutan Sumatera, Gajah Sumatera dan Badak Bercula Dua. Dengan luas hutan yang mencapai sekitar 2,5 juta hektar yang terdiri dari tiga taman nasional seperti Taman Nasional Gunung Leuser, Taman Nasional Kerinci Seblat dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan tempat ini juga merupakan habitat bagi berbagai jenis tumbuhan endemik seperti Kantung Semar, Raflesia Arnoldi bunga terbesar di dunia dan bunga tertinggi di dunia Amorphophallus Titanium. 

Selain memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, Hutan Hujan Tropis Sumatera juga merupakan sumber mata pencaharian bagi masyarakat yang tinggal di sana. Bagian yang menonjol dari Hutan Hujan Sumatera adalah adanya Pegunungan Bukit Barisan yang dijuluki sebagai Andesnya Sumatera, Perpaduan Danau Gunung Tujuh yang spektakuler yang merupakan Danau Tertinggi di Asia Tenggara, Keindahan Gunung Kerinci, Gua da Air Terjun membuat Hutan Hujan Sumatera menjadi salah satu Pariwisata Andalan Indonesia yang sangat menakjubkan. 

Itulah 10 Wisata Andalan Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dan mungkin termasuk Anda atau Anda yang ingin berkunjung ke Indonesia selanjutnya.    


Related Posts

0 comments:

Post a Comment