11 TEMPAT WISATA MENARIK DI FLORES

shares |

11 Tempat Wisata Menarik Di Flores  


11 Tempat Wisata Menarik Di Flores

ReyGinaWisata - Flores yang dalam bahasa Portugis yang berarti "bunga" berada di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Dengan luas wilayah sekitar 14.300 kilometer persegi, Pulau Flores memiliki beberapa Tempat Wisata Menarik yang layak untuk Anda kunjungi seperti Keindahan Pantai Pink, Keunikan Danau Kelimutu, Danau Sano Nggoang atau Air Terjun Cunca Rami.

Flores juga memiliki salah satu dari sekian hewan langka di dunia yaitu Varanus Komodoensis atau yang lebih dikenal dengan sebutan Biawak Raksasa atau hewan purba Komodo yang hidup di Pulau Komodo dan Pulau Rinca yang berada dalam Kawasan Taman Nasional Komodo.

Di Flores juga terdapat situs arkeologi Liang Bua, yang pada tahun 2003 lalu telah ditemukan fosil dari spesies Manusia Hobit. Lalu apa lagi tempat wisata menarik lainnya di Pulau Flores?

Berikut 11 Tempat Wisata Menarik Di Flores lainnya yang dapat Anda kunjungi di Pulau Flores dan sekitarnya.

1. Taman Nasional Komodo


Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di antara Provinsi Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur. Taman nasional seluas 1817 kiometer persegi ini terdiri dari tiga pulau besar yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca dan beberapa pulau kecil lainnya.

Taman nasional yang didirikan pada tahun 1980 ini untuk melindungi hewan Komodo dari habitatnya. Di taman nasional ini juga terdapat 277 spesies hewan yang merupakan perpaduan hewan yang berasal dari benua Asia dengan benua Australia. Selain itu di tempat ini juga terdapat Taman Laut yang setidaknya terdapat 253 spesies karang pembentuk terumbu karang serta ada sekitar 1.000 spesies ikan yang banyak menarik wisatawan untuk mengunjungi tempat ini.

Daya tarik dari Taman Nasional Komodo yaitu adanya reptil raksasa purba Biawak Komodo (Varanus Komodoensis), Panorama Savana yang menakjubkan, Panorama Bawah Laut yang bagaikan surga, memancing, snorkeling, diving, kano, bersampan, hiking hingga camping. Mengunjungi Taman Nasional Komodo Anda juga dapat menikmati pemandangan alam yang sangat menawan yang merupakan pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan. 

Pada tahun 1991, Taman Nasional Komodo diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO serta pada tanggal 11 November 2011, Taman Nasional ini juga masuk sebagai New 7 Wonders bersama-sama dengan Hutan Amazon, Teluk Halong, Air Terjun Iguazu, Pulau Jeju, Sungai Bawah Tanah Puerto Princesa serta Table Mountain. 

2. Taman Nasional Kelimutu


Taman Nasional Kelimutu

Taman Nasional Kelimutu juga merupakan salah satu Tempat Wisata Menarik di Flores, Nusa Tenggara Timur. Taman ini terdiri dari bukit-bukit dan gunung-gunung dengan Gunung Kelibara (1.731 mdpl) sebagai puncak tertingginya. Sementara di Gunung Kelimutu terdapat Danau Tiga Warna yang juga merupakan tempat wisata menarik di Taman Nasional Kelimutu.

Di Taman Nasional Kelimutu juga terdapat arboretum, hutan kecil seluas 4,5 hektar dengan 78 jenis pohon seperti uta onga (begonia kelimutuensis), turuwara (rhododendron renschianum) dan argoni (vaccinium varingiaefollum) yang oleh masyarakat sekitar diyakini sebagai makanan para dewa. 

3. Pantai Pink


Pantai Pink

Pulau Komodo bukan saja terkenal dengan satwa aslinya yaitu hewan purba Komodo, tetapi juga memiliki sebuah pantai unik yaitu Pantai Pink. Di pantai ini Anda akan terpesona dengan jernihnya air laut serta hamparan pasir berwarna pink yang hanya ada dua di dunia.

Warna pink pada pasir ini berasal dari butiran terumbu karang yang memiliki warna merah yang bercampur dengan air laut. Kemudian ditambah dengan adanya pantulan sinar matahari yang membuat warna pink pada pasir ini semakin jelas terlihat.

4. Pulau Kanawa


Pulau Kanawa

Pulau Kanawa adalah pulau kecil yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Labuan Bajo yang menjadi pintu gerbang menuju Taman Nasional Komodo. Pulau Kanawa sangat cocok untuk tempat bersantai, berjemur matahari, snorkeling maupun diving. Alam bawah lautnya sangat menawan. Di tempat ini Anda dapat menemukan terumbu karang, coral, school of fish, kura-kura, bintang laut dan berbagai jenis biota laut lainnya.

Di Pulau Kanawa juga terdapat 13 cottage minimalis yang membuat Anda merasa tenang dan nyaman dengan suasana yang sangat romantis, restaorant serta PADI diving center.

5. Danau Sano Nggoang


Pulau Sano Nggoang

Danau Sano Nggoang adalah danau vulkanik seluas 513 hektar yang terletak di Desa Wae Sano, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Danau yang berada pada ketinggian 750 mdpl dengan kedalaman danau sekitar 600 meter menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki kadar belerang yang cukup tinggi. Oleh karenanya aktivitas mandi untuk kesehatan kulit adalah salah satu tujuan utama datang ke danau ini selain juga sebagai untuk reflesing, berkeliling danau dengan menunggang kuda, bird watching dan lain sebagainya.

6. Pantai Koka


Pantai Koka

Pantai Koka atau yang dijuluki dengan The Dream Beach ini terletak di Desa Wolowiro, Kecamatan Paga, Kabupaten Sikka, Kota Maumere, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Pantai Koka merupakan salah satu Tempat Wisata Menarik di Flores impian para wisatawan.Pemandangannya yang indah, hamparan pasir putih nan bersih dan lembut, air lautnya yang jernih berwarna hijau kebiruan serta alamnya yang masih alami serta ombaknya yang cukup menantang menjadikan Pantai Koka sebagai destuinasi wisata yang jangan sampai Anda lewatkan jika berlibur ke Flores.
 

7. Air Terjun Cunca Rami


Air Terjun Cunca Rami

Selain Taman Nasional Komodo, Flores juga memiliki Tempat Wisata Menarik lainnya yaitu Air Terjun Cunca Rami. Air terjun yang dikelilingi hutan rindang nan asri setinggi 30 meter ini terletak di kawasan hutan tropis Mbeliling, Kampung Roe, Desa Wae Lolos, Kecamatan Sano Nggoang, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Air Terjun Cunca Rami dikelilingi oleh rindangnya pepohonan dengan pemandangan yang masih asri. Dengan tinggi air terjun sekitar 30 meter, air terjun ini memiliki debit air yang cukup besar hingga membentuk sebuah kolam yang menyerupai danau kecil yang dapat Anda gunakan untuk berendam atau sekedar bermain dengan air. 

8. Gua Liang Bua


Gua Liang Bua

Liang Bua adalah salah satu dari banyak gua karst di Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Gua ini terletak di Dusun Rampasasa, Desa Liangbua, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Gua ini merupakan tempat ditemukannya tengkorak Manusia Hobbit (Homo Floresiensis) pada tahun 2001 lalu.

Secara geologi, gua ini merupakan bentukan endokars yang berkembang pada batu gamping yang berselingan dengan batu gamping pasiran. Batuan gamping ini diperkirakan berasal dari Periode Miosen tengah atau sekitar 15 juta tahun yang lalu. 

9. Labuan Bajo 


Labuan Bajo

Labuan Bajo meruapakan sebuah pelabuhan yang menjadi pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo. Di Labuan Bajo juga terdapat Tempat Wisata Menarik seperti Pantai Pede, Pantai Gorontalo, Puncak Waringin, Gua Batu Cermin serta beberapa tempat wisata lainnya disekitar Labuan Bajo seperti Wae Cicu, Pulau Bidadari, Pulau Kanawa dan Taman Nasional Komodo.

10. Taman Laut 17 Pulau


Taman Laut 17 pulau

Taman Laut 17 Pulau adalah taman laut yang berada di Indonesia yang terletak di Kecamatan Riung, Kabuapten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Taman laut ini merupakan gugusan pulau-pulau kecil dan besar yang memanjang dari Toro Padang di sebelah barat hingga Pulau Pangsar disebelah timur sebanyak 17 pulau yang luasnya sekitar 9.900 hektar yang terdiri dari laut dan darat termasuk dalam kawasan konservasi dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Kupang.

Dikawasan ini terdapat 17 pulau besar dan kecil yang letaknya berdekatan satu dengan yang lainnya seperti Pulau Pata, Pulau Bangko, Pulau Rutong, Pulau Bampa, Pulau Sua, Pulau Telu, Pulau Mborong, Pulau Kolong, Pulau Ontoloe, Pulau Sui, Pulau Wire, Pulau Meja, Pulau Wawi, Pulau Batu, Pulau Taor, Pulau Laingjawa dan Pulau Wingkureo.  Pulau-pulau tersebut dapat dilihat dengan berkeliling menggunakan speedboat selama dua setengah jam.

Peraiaran di Taman Laut 17 Pulau memiliki beberapa jenis karang yang keras dan lembut serta aneka ikan hias warna warni yang dapat Anda nikmati saat menyelam atau diatas perahu dengan mata telanjang saat air laut dalam keadaan tenang.  

11. Pemandian Air Panas Mengeruda


Pemandian Air Panas Mengeruda

Pemandian Air Panas Mengeruda adalah salah satu pemandian air panas alami yang terdapat di Mengeruda, Desa Piga, Kecamatan Soa, Kota Bajawa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Tempat ini merupakan salah satu Tempat Wisata Menarik Di Flores yang wajib Anda kunjungi. Sumber mata air pemandian ini berasal dari Gunung Inelika di Bajawa. Air panas di pemandian ini dikenal dapat menyembuhkan beberapa penyakit kulit, sebab tingkat kepanasannya layak untuk dijadikan media terapi. 

Tempat wisata ini juga tersedia berbagai fasilitas seperti toilet, rumah makan, kawasan perkemahan serta hutan nan rindang dengan pemandangan alam yang masih sangat alami. 

Nah itulah 11 Tempat Wisata Menarik Di Flores yang wajib Anda kunjungi saat berlibur ke Pulau Flores bersama pasangan, teman atau keluarga yang kami jamin Anda akan merasa puas dan nyaman berlibur ke wilayah ini dan akan membuat Anda ingin kembali dan kembali lagi berlibur ke tempat-tempat wisata menarik di Flores ini.



Related Posts

0 comments:

Post a Comment