MENGINTIP PENANGKARAN MALEO DAN DANAU TAMBING DI TAMAN NASIONAL LORE LINDU

shares |

Mengintip Penangkaran Maleo dan Danau Tambing Di Taman Nasional Lore Lindu 


Taman Nasional Lore Lindu

ReyGinaWisata - Taman Nasional Lore Lindu adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang terletak di Sulawesi Tengah, Indonesia dan salah satu perlindungan hayati Sulawesi. Taman Nasional seluas 217.991.18 hektar ini memiliki flora dan fauna endemik Sulawesi serta panorama alam yang menarik seperti keberadaan Penangkaran Maleo dan Keindahan Panorama Danau Tambing yang sangat eksotis. 

Di Taman Nasional Lore Lindu Anda dapat mengintip Penangkaran Maleo. Burung Maleo merupakan salah satu burung endemik yang dilindungi yang hidup di Taman Nasional Lore Lindu, Sulawesi Tengah, Indonesia yang saat ini habitatnya terancam punah seiring dengan maraknya pemburuan telur-telur Burung Maleo untuk di konsumsi dan di jual di pasaran dunia.  

Hal inilah yang membuat masyarakat di Kabupaten Morowali membuat perlindungan habitat Burung Maleo dengan membuat penangkaran alami dan menyerukan kepada warga lainnya agar tidak memburu telur burung Maleo. 

Burung Maleo

Di sini Anda dapat melihat Penangkaran Burung Maleo yang salah satunya berada di  Desa Wosu, Kecamatan Bungku Barat, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah. Di tempat ini Anda dapat melihat Burung Maleo terbang di alam liar dinatara rimbunnya hutan dan memilih bertelur di pasir di tepi pantai. 

Seperti diketahui bahwa Burung Maleo adalah jenis burung yang hanya bisa dijumpai di Provinsi Sulawesi Tenggara sehingga burung ini disebut juga dengan burung endemik Sulawesi. Keunikan dari Burung Maleo adalah telur dan cara menetaskan telurnya, Karena bentuk terlurnya yan cukup besar, maka ia tidak mengerami telurnya sendirian tetapi bersama-sama dengan pasangannya.

Perlu Anda ketahui bahwa dalam beberapa tahun terakhir ini, Habitat Burung Maleo terancam punah karena pemburuan terutama pada telur-telurnya yang berukuran besar yang dijual hingga pasaran dunia serta berkurangnya habitat asli mereka di alam liar. Sampai saat ini diperkirakan habitat Burung Maleo yang hidup di hutan Sulawesi Tenggara saat ini tinggal 55.000 ekor saja.

Danau Tambing

Selain dapat melihat Penangkaran Burung Maleo, Di Taman Nasional Lore Lindu Anda juga dapat menikmati keindahan Danau Tambing yang sangat mempesona. Danau ini menjadi pilihan bagi penyuka burung dan juga penyuka pertualangan alam bebas. Danau yang termasuk dari bagian Taman Nasional Lore Lindu ini terletak di Kabupaten Donggala, Sigi dan Poso, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Danau yang berada pada ketinggian 1.700 mdpl.

Di Danau Tambing, selain dapat menikmati keindahan alam serta udaranya yang sejuk, Anda juga dapat menemukan sekitar 263 jenis burung yang 30% diantaranya dalah burung endemik asli Pulau Sulawesi. Di Danau Tambing, Anda bisa menemukan Burung Nuri Sulawesi (Tanygnatus Sumatrana), Kakatua (Cacatua Sulphurea), Rangkong (Buceros Rhinoceros) atau Pecuk Ular (Anhinga Rufa).

Indahnya panorama danau, riuhnya kicauan burung akan menjadikan Danau Tambing seluas 1 hektar ini menjadi tempat yang menyenangkan buat berlibur bersama-sama dengan keluarga dan sahabat. 

Sementara bagi Anda yang pecinta mancing mania, jangan lupa untuk membawa alat pancing karena Danau Tambing banyak terdapat jenis ikan seperti Ikan Mujair, Ikan Mas dan Belut yang menunggu Anda untuk di pancing. Yang tentunya akan mengasyikan sekali membakar ikan disekitar Danau Tambing di udaranya yang sejuk sambil menikmati panorama alam yang sangat mempesona ini.

Bagaimana, apakah Anda tertarik Mengintip Penangkaran Maleo Dan Danau Tambing Di Taman Nasional Lore Lindu? Siapkanlah rencana berakhir pekan Anda ke Penangkaran Maleo atau ke Danau Tambing yang akan membuat Anda nyaman berlibur ke tempat ini. 

dari berbagai sumber.


Related Posts

0 comments:

Post a Comment