MENIKMATI SEGARNYA AIR SUCI DI ISTANA TAMAN TIRTA GANGGA BALI

shares |

Menikmati Segarnya Air Suci Di Istana Taman Tirta Gangga Bali  


Tirta Gangga

ReyGinaWisata - Tirta Gangga adalah bekas istana kerajaan yang terletak di bagian timur Pulau Bali, Indonesia atau berjarak sekitar 5 kilometer dari Karangasem. Taman ini terkenal karena memiliki Istana Taman Air Yang Indah dan berhawa sejuk. Sehingga Tempat Wisata Tirta Gangga di Bali ini dinobatkan sebagai Pemenang TripAdvisor Traveller Choise 2014 oleh Wisatawan mancanegara.

Tirta Gangga secara harafiah berarti "Air Dari Sungai Gangga" di India yang merupakan penghormatan kepada masyarakat Hindu di Bali. Nama ini mengacu pada Istana Air yang dibangun pada tahun 1948 oleh Raja Karangasem, Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung. Namun nama ini juga digunakan untuk merujuk wilayah yang meliputi Istana Taman Air beserta daerah pedesaan yang subur di sekitarnya. 

Tirta Gangga

Istana Taman Titra Gangga berupa labirin kolam dan air mancur yang dikelilingi oleh taman yang rimbun serta patung-patung. Tempat Wisata Di Bali seluas 1,2 hektar ini dibangun pada tahun 1946 oleh Almarhum Raja Karangasem namun hampir hancur seluruhnya akibat terjadinya Letusan Gunung Agung yang terjadi pada tahun 1963. Kemudian dibangun kembali dan dipulihkan sehingga Istana Taman Tirta Gangga terkenal dengan teras-teras sawahnya. 

Tirta Gangga

Air di Istana Taman Tirta Gangga ini berasal dari salah satu mata air alami Tirtagangga yang di anggap suci oleh masyarakat sekitar. Air ini digunakan untuk upacara-upacara keagamaan di kuil-kuil hingga saat ini. Pada hari perayaan tertentu orang-orang dari desa sekitar Tirta Gangga akan datang dalam prosesi penuh warna dengan persembahan apyung, bendera dan atribut lainnya yang dipimpin oleh Pendeta Kuil. Mereka mengadakan upacara disekitar mata air dibawah suara hymne dan musik beleganjur.


Tirta Gangga

Informasi buat pengunjung.

Istana Taman Tirta Gangga buka setiap hari dari jam 07.00-07.00 wib sepanjang tahun dan juga di akhir pekan dan hari libur. Biaya masuk per oarang adalah Rp. 20.000,- untuk wisatawan mancanegara dan Rp. 10.000,-  untuk wisatawan domestik. Sementara untuk bayi dan anak-anak di bawah usia 3 tahun tidak dikenakan biaya.

Tidak ada aturan khusus untuk berkunjung ke Istana Taman Tirta Gangga, Semua orang bisa bebas dan senyaman mungkin dengan pilihannya sendiri. Juga untuk berenang, Semua pakaian renang diterima di tempat ini (bikini atau burkini dll). Kecuali untuk memasuki Kuil di Bali dalam Istana Taman Tirta Gangga, Seseorang diminta berpakaian dengan baik dan sopan.

Jarak Istana Taman Tirta Gangga dari kota Denpasar sekitar 70 kilometer, Sedangkan dari Pantai Kuta ke Tirta Gangga sekitar 80 kilometer. Sementara dari Ubud berjarak sekitar 60 kilometer.  

Related Posts

0 comments:

Post a Comment