NIKMATI WISATA DI ATAS AWAN LEWAT DIENG CULTURE FESTIVAL

shares |

Nikmati Wisata Di Atas Awan Lewat Dieng Culture Festival  


Nikmati Wisata Di Atas Awan Lewat Dieng Culture Festival

ReyGinaWisata - Dataran Tinggi Dieng selalu memiliki acara tahunan yang menarik untuk di nanti, Dieng Culture Festival sambil menikmati keindahan alam yang menakjubkan ditemani oleh Musik Jazz yang mengalun merdu menghanyutkan, Anda dapat merasakan sensasi seperti di atas awan. 

Melalui musik, rangkaian jazz di tas awan rencananya akan digelar di komplek Candi Arjuna, Dataran Tinggi Dieng, Jawa Tengah, Indonesia pada 5-7 Agustus 2016. Dieng Culture Festival tentunya akan sangat menarik minat Anda untuk datang ke Dataran Tinggi Dieng. Di tempat ini ada sensasi alam, culture dengan candi-candi peninggalan purbakala, musik dan juga budaya. Jadi silahkan Anda berwisata ke Dieng yang berada pada ketinggian 2.000 meter diatas permukaan laut ini.

Dieng Culture Festival

Ragam acara Dieng Culture Festival 2016 akan di mulai pada 5 Agustus 2016 pukul 14.00 wib di panggung utama, sebelah timur Komplek Candi Arjuna dan berakhir pada sekitar pukul 17,00 wib. 

Di tempat ini musisi sekelas Cak Nun akan ikut bergabung bersama dengan Kyai Kanjeng. Nikmati musiknya sambil menunggu senja hari untuk menikmati sensasi matahari tenggelam di Bukit Skuter.

Selanjutnya malam harinya Anda akan disuguhkan perhelatan musik jazzatasawan yang dimeriahkan oleh musisi-musisi jazz tanah air di panggung utama, Di timur komplek Candi Arjuna dengan suhu udara yang begitu dengin sekitar 2-5 derajad celsius.

Sunset Di Dataran Tinggi Dien

Keesokan paginya, Anda dapat menikmati keindahan matahari terbit di berbagai puncak Dataran Tinggi Dieng seperti Puncak Sikunir, Prau, Pakuwaja atau Pangonan yang penuh dengan sensasi.

Tidak cukup sampai di situ, Siang harinya Anda akan disuguhkan oleh berbagai pertunjukkan seni tradisi yang bukan dari Dataran Tinggi Dieng saja tetapi juga dari daerah lainnya yang ikut berpartisipasi dalam Dieng Culture Festival 2016 sambil menikmati Wisata Alam di Dieng seperti  Telaga Warna, Kawah Sikidang maupun tempat wisata alam lainnya.

Sunrise Dataran Tinggi Dieng

Sementara pada malam harinya digelar pertunjukkan musik akustik, stand up comedy dan penerbangan sekitar 5.000 lampion serta kembang api yang diperkirakan ada sekitar 15.000 letusan kembang api yang akan menghiasi langit Dieng.

Pada hari terakhir tanggal 7 Agustus 2016 Festival Budaya Negeri Di Atas Awan yakni rangkaian ritual cukur rambut anak gembel. Acara dimulai dengan kirab budaya dari rumah pemangku adat Mbah Naryono pada pukul 06.00 wib. Khusus acara ini, panitia penyelenggara akan membuka kesempatan bagi 80 orang pengunjung yang berminat terlibat untuk ikut Kirab Budaya dengan pakaian adat masing-masing.

Ritual Potong Rambut Gembel

Setelah Kirab Budaya keliling Dieng, Rangkaian acara ritual potong rambut gembel adalah jamasan di Dharmasala, sebelum pemotongan rambut di Komplek Candi Arjuna. Sejumlah anak berambut gembel akan di cukur rambutnya oleh sejumlah tokoh yang ditunjuk oleh panitia penyelenggara untuk di cukur yang dipimpin oleh oleh pemimpin spiritual Suku Dieng, Mbah Naryono.

Candi Arjuna

Sementara di Komplek Candi Arjuna ada upacara pemotongan rambut, di panggung budaya ada pagelaran wayang kulit khusus ritual dan berbagai pertunjukkan seni tradisi dipanggung atau di lokasi lain yang dapat dinikmati oleh para wisatawan.
Jadi bersiaplah untuk hadir, saksikan dan terlibat langsung dalam Dieng Culture Festival 2016.

Akses menuju Dieng Culture Festival

Dari Jakarta menggunakan jalur kereta api dan turun di kota Purwokerto, lanjut naik bus ke jurusan terminal kota Wonosobo. Dari Wonosobo menggunakan Mikrobus atau menggunakan Bus langsung menuju Kota Wonosobo dan selanjutnya menggunkan Mikrobus menuju Dieng.
Sekilas tentang Dataran Tinggi Dieng

Dataran Tinggi Dieng

 Dataran Tinggi Dieng adalah kawasan vulkanis aktif di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang masuk ke Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada disebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing yang secara administrasi Dieng merupakan wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng Wetan Kecamatan kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Gunung Prau

Dieng memiliki ketinggian rata-rata sekitar 2000 mdpl dengan suhu sekitar 12-20 derajad celsius pada siang hari dan 6-10 derajad celsius pada malam hari. Pada musim kemarau antara bulan Juli- Agustus suhu udara dapat mencapai 0 derajad celsius di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut Bun Upas (embun racun) karena dapat merusak tanaman pertanian.

Telaga Warna Dieng

Di kawasan Dataran Tinggi Dieng banyak terdapat tempat wisata menarik berupa kawah, gunung dan danau seperti Kawah Sibanteng, Kawah Sikidang, Kawah Sileri, Kawah Sinila, Kawah Timbang, Puncak Gunung Sumbing, Gunung Sindoro, Gunung Prahu, Gunung Pakuwaja, Gunung Sikunir, Telaga Warna, Telaga Cebong, Telaga Merdada, Telaga Pengilon, Telaga Dringo dan Telaga Nila.
          
 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment