SAKSIKAN PESTA ADAT ERAU DAN INTERNASTIONAL FOLK ART FESTIVAL DI KUTAI

shares |

Saksikan Pesta Adat Erau Dan International Folk Art Festival Di Kutai  


Saksikan Pesta Adat Erau Dan International Folk Art Festival Di Kutai

ReyGinaWisata -Pesta Adat Erau dan International Folk Art Festival 2016 akan digelar di Kota Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, Indonesia pada 20-28 Agustus 2016.  Even tahunan kali ini akan mengangkat tema "Melalui EIFAF junjung budaya daerah dalam pergaulan budaya antar bangsa guna meningkatkan kunjungan wisatawan di Kutai Kartanegara dalam rangka melestarikan dan mengembangkan budaya daerah serta meningkatkan kunjungan wisatawan sekaligus untuk mendukung program Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam mewujudkan target 12 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan pergerakan 260 juta wisatawan nusantara di Indonesia,"

Pesta Adat Erau

Kutai Kartanegara menjadi salah satu Destinasi Pariwisata Andalan Kalimantan Timur karena adanya tiga unsur pendukung utama yaitu atraksi, aksebilitas dan amenitas. Atraksi Budaya Culture yang digelar dalam Event EIFAF menjadi magnet yang kuat dalam menarik kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara.

Upacara Adat Erau

Seperti Anda perlu ketahui bahwa proses Upacara Adat Erau bermula dari Kerajaan Kutai di Jahitan Lama atau Kutai Lama pada abad ke-13 yakni pada perayaan Tijak Tanah Raja Kutai dan Pengangkatan Raja Pertama Kutai, Aji Batara Agung Dewa Sakti. Selanjutnya Upacara Erau dilaksanakan pada saat penobatan raja dan putra mahkota. Pemberian gelar kepada mereka yang telah berjasa bagi kemajuan kerajaan maupun pada peristiwa lainnya di lingkungan kerajaan.

Masuknya Islam, Kerajaan Kutai berganti nama menjadi Kesultanan Kutai. Pada abad ke-17 Kesultanan Kutai berhasil menaklukan Kerajaan Martadipura (Kerajaan Hindu di Muara Kamanyang pada abad ke-4 masehi termasyur dengan Maharaja Mulawarman). Kemudian nama Kesultanan Kutai berganti nama menjadi Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Sementara Tradisi Upacara Adat Erau terus dilanjutkan dilingkungan kesultanan.

Sementara pada International Folk Art, Pemda Kutai Kartanegara bekerjasama dengan Lembaga Internasional Council International of Foklore Festival (CIOFF) yang tahun ini memasuki tahun ke-4 dan akan diukuti oleh 10 group atau 218 peserta seperti dari Asia, Eropa, Amerika dan kesenian rakyat Indonesia. Para peserta ini akan melakukan Pentas Seni Budaya Internasional serta pertunjukkan jalanan (street performance) dan diakhiri dengan melakukan culture visit diantaranya mengunjungi Dayak Experience Center di Pulau Kumala.

Dayak Experience Center di Pulau Kumala merupakan salah satu Objek Wisata Favorit di Kutai Kartanegara yang banyak menarik minta wisatawan. Selain itu Anda juga dapat mengunjungi Tempat Wisata Andalan Kutai Kartanegara lainnya seperti Planetarium Jagat Raya, Waduk Panji Sukarame, Museum Kayu Tuah Himba serta Pantai Tanjung Harapan Samboja.

Pulau Kumala

Objek Wisata Pulau Kumala ini terletak ditengah Sungai Mahakam yang merupakan perpaduan anatara teknologi modern dan budaya tradisional. Pulau seluas 76 hektar ini dilengkapi dengan sky tower setinggi 100 meter untuk menikmati keindahan alam Kutai Kartanegara dari udara kereta api mini serta kereta gantung yang menghubungkan Pulau Kumala dengan daratan.

Di pulau ini juga terdapat DSJ Resort lengkap dengan kolam renang serta Aquarium Raksasa bagi Ikan Pesut, Lumba-Lumba Air Tawar yang hanya ada di China dan Brazil.

Tradisi Baseprah

Untuk Upacara Adat Erau sendiri akan dilangsungkan di Keraton Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Sementara untuk kegiatan diluar keraton seperti pesta rakyat akan digelar tersebar di berbagai ruang publik dalam bentuk pertunjukkan seni budaya dan upacara tradisi masyarakat seperti lomba permainan tradisional, pertandingan olahraga tradisional, lonba pacu perahu motor tradisional, Erau Expo dan Bazaar serta Festival Kuliner seperti Tradisi Baseprah atau makan bersama duduk bersila yang dilaksanakan di jalan utama sepanjang 1 km bersama masyarakat.       


sumber:kemenpar
 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment