10 Tempat Wisata Paling Menarik di Solok Sumatera Barat

shares |

Wisata Solok - Solok merupakan nama kabupaten dan Kota Madya di Sumatera Barat yang memiliki hawa dingin dan pemandangan yang sangat indah.

Daerah ini adalah penghasil beras yang sangat terkenal yaitu bareh solok. Jarak kota dari kota Padang ke ibukota Kabupaten Solok Arosuka yaitu sekitar 40 kilometer. 

Potensi wisata Solok hampir sama dengan daerah lain yang ada di Sumbar. Terdapat banyak objek wisata alam yang dapat Anda kunjungi dan memiliki keindahan luar biasa.

Apa saja objek wisata tersebut, berikut ulasannya !

1. Pemandangan Indah Bukit Gagoan 


sumber : www.imgrum.net
Sandiang Gagoan adalah sebuah  bukit bebatuan karang yang ekstrem dan menjadi spot pendakia  terbaik di Solok. Terletak di desa Paninggahan kecamatan Junjung Sirih kabupaten Solok. 

Bukit eksotis ini berjarak 76,6 kilometer dari kota padang dengan waktu tempuh sekitar dua setengah jam melalui jalan lintas Selayo Padang. Sedangkan dari Arosuka, ibukota pemerintahan kabupaten Solok berjarak sekitar 22, 6 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. 

Perkampungan dan jalan yang cukup sempit akan Anda lalui untuk sampai ke lokasi ini. Kondisi jalan sempit tersebut membuat Anda berhati-hati dan sebaiknya menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi ini.

Setelah sampai Anda dapat memarkir kendaraan Anda dengan biaya Rp2.000,-. Perlu mendaki selama 30 menit untuk mencapai spot puncak bukit Gagoan yang begitu indah.

Sesampai di puncak, Anda akan berdecak kagum menikmati keindahan Danau Singkarak yang begitu indah. Hamparan pepohonan hijau dan danau membuat sejauh mata memandang hanya tersaji keelokan alam Solok yang begitu mempesona.

Bukit ini adalah spot terbaik untuk berselfie ria dan menikmati udara segar dengan bersantai di puncak bukit.

Akomodasi dan fasilitas di tempat ini tidak lengkap. Untuk itu, perlu persiapan lengkap agar perjalanan Anda ke puncak bukit Gagoan menjadi indah dan nyaman.

2. Danau Di atas dan Danau Di bawah 


sumber : www.kaskus.co.id
Danau Diatas dan Dibawah merupakan danau kembar yang terletak di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. 

Danau diatas berada di dataran tinggi Bukit Barisan tepatnya di Alahan Panjang berada di pinggir jalan Padang-Muara Labuh. Sedangkan Danau Dibawah Danau berada di nagari Bukit Sileh Kecamatan Lembang jaya, Solok.

Jarak dari Bandara Minangkabau ke Danau ini melalui melalui Jalan Selayo - Padang dan Jl. Padang - Alahan Panjang berjarak 77,3 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua setengah jam.

Untuk ke lokasi ini Anda bisa memakai kendaraan umum ataupun jasa travel dengan tarif antara Rp30.000, sampai dengan Rp100.000.

Danau ini memiliki pesona keindahan dan keunikan tersendiri. Panorama kedua danau itu begitu indah. Danau unik yang bersebelahan ini, menyajikan hamparan bebukitan hijau yang menawan.

Yang unik adalah danau diatas itu terletak dibawah dan sebaliknya danau dibawah terletak diatas.  Kedua danau ini kembar, tetapi memiliki perbedaan yang mencolok. Ya, Danau Diatas lebih ramai dikunjungi dan menarik wisatawan.

Danau Diatas yang merupakan hulu sungai Batanghari ini memiliki berbagai fasilitas wisata. Mulai dari Taman Panorama yang menjadi spot terbaik untuk menikmati kedua Danau Kembar ini yang memiliki harga tiket masuk Rp5.000, orang.

Akomodasi seperti hotel dan penginapan juga sudah ada di Danau Atas mulai dari yang memiliki harga sewa kamar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Untuk mengunjungi kedua danau ini sebaiknya Anda menyiapkan pakaian lengkap seperti jaket tebal karena hawanya sangat dingin. Selain itu, Anda harus berhati-hati saat berkendaraan menuju lokasi danau ini, meski disuguhi pemandangan yang amat indah, jalanan cukup ekstrem dengan tikungan dan tanjakan yang cukup tajam. 

3. Danau Singkarak 


sumber : aeronusantara.blogspot.com
Danau Singkarak adalah danau terluas kedua di pulau Sumatera. Danau cantik nan eksotis membentang di dua kabupaten du Sumatera Barat yaitu Solok dan Tanah Datar.

Dari Bandara Minangkabau, Anda harus melakukan perjalanan menyusuri jalan Raya Padang-Bukittinggi dan berbelok ke Jl. Padang Panjang - Solok ke Kabupaten Tanah Datar. Jarak tempuh sekitar 82,4 kilometer dengan waktu tempuh sekitar dua jam setengah.

Akses bisa menggunakan bus antarkota dengan biaya sekitar IDR 45.000. Anda juga bisa menyewa kendaraan dengan tarif IDR 500.000, perhari. 

Danau ini sangat indah dengan pemandangan yang sangat eksotis. Danau dengan 107,8 km� ini memiliki berbagai fasilits dan akomodasi lengkap, mulai tempat makan yang menawarkan berbagai macam masakan khas Sumatera Barat dan ada satu menu unik ikan khas Danau Singkarak yaitu ikan bilih. 

Selain itu Penginapan dan hotel di sekitar danau ini cukup memanjakan perjalanan wisata Anda. Harga yang ditawarkan pun beragam. Tergantung dengan tingkat kenyamanan yang Anda  inginkan tentunya.

4. Gunung Talang


sumber : viapendaki.blogspot.com
Salah satu pesona yang dimiliki Solok adalah Gunung Berapi yang masih aktif, Gunung Talang. Gunung Talang terletak di empat kecamatan yakni kecamatan Lembah Gumanti, Danau Kembar, Gunung Talang, dan Lembang Jaya.

Perjalanan menuju Gunung Talang jika dari kota padang berjarak 66,6 kilometer dengan waktu tempuh dua jam melalui Jalan Selayo - Padang dan Jl. Padang - Alahan Panjang. Sedangkan dari ibukota Solok hanya berjarak 9 kilometer.

Gunung dengan ketinggian ketinggian 2.597 m ini merupakan danau menawan dengan pemandangan Kebun Teh, Eksotisme Hutan Mati dan Indahnya Panorama 3 Danau.

Ada dua jalur pendakian yaitu yaitu Bukik Sileh dan jalur baru yang dibuka Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Solok di Aia Batumbuak. Sebelum mendaki Anda harus membayar retribusi sebesar Rp5.000,-.

Pendakian Gunung Talang Cukup menantang dengan tebing-tebing yang cukup curam. Tetapi ketika sampai Anda akan menikmati indahnya pemandangan yang luar biasa. Eksotisme 3 Danau dan hamparan keindahan alam lainnya sangat tepat menjadi latar belakang foto Anda.

Tempat ini juga cocok untuk tempat camping Anda untuk menikmati udara dan malam yang indah di puncak Gunung.

5. Perkebunan Teh di Alahan Panjang

sumber :exnus.blogspot.com
Perkebunan Teh ini dapat Anda nikmati jika Anda tak ingin mendaki Gunung Talang. 

Perkebunan teh ini sangat indah dengan hawa sejuk membuat Anda akan merasakan suasana yang begitu nyaman dan menentramkan.

Perkebunan teh ini dapat menjadi alternatif wisata ketika Berada di Alahan Panjang dimana Anda dapat berfoto dengan latar perkebunan teh yang begitu luas terhampar.

6. Danau Talang


sumber : www.palingyess.com
Danau Talang adalah salah satu danau indah yan berada di Kaki Gunung Talang. Danau ini sangat cantik dan berada dekat dengan Danau Diatas dan Danau Dibawah. 

Ongkos ke tempat ini dari Padang ataupun Arosuka adalah Rp25.000,. Danau cantik ini layak Anda nikmati bersama danau kembar yang begitu eksotis dan mempesona.

7. Bukit Cambai

sumber : indookay.blogspot.co.id
Bukit Cambai terletak di Simpang Tj. Nan IV, Danau Kembar, Solok, Sumatera Barat tepatnya di Kecamatan Lembah Gumanti dan Danau Kembar

Bukit ini merupakan sebuah bukit yang menawarkan pemandangan yang luar biasa. Dari puncak bukit ini terlihat hamparan alam yang indah dan empat buah danau yang ada di Solok. 

Selain Danau dari puncak bukit ini juga terlihat 4 gunung saat cerah yaitu gunung kerinci saat tak berkabut, gunung talang yang tepat di depan mata, serta gunung marapi dan singgalang dari kejauhan.

Bukit ini memang begitu mempesona  dan layak Anda jadikan salah satu tujuan utama wisata Anda di Solok.


8. Pemandian Air Panas Bukik Gadang 


sumber : www.pelangiholiday.com
Pemandian ini berada tak jauh dari Gunung Talang, tepatnya Air Batumbuk, Gn. Talang, Solok, Sumatera Barat. Perjalanan menuju lokasi sangat indah. Anda akan disuguhi hijaunya bebukitan dan hamparan sawah yang luas.

Tiket masuk ke pemandian ini adalah Rp5.000 pada siang hari dan Rp10.000,- pada malam hari. Kondisi pemandian ini cukup bersih dan nyaman. Tempat in sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan relaksasi dan menghangatkan diri di tengah dinginnya udara Solok.

9. Masjid Agung Al-Muhsinin 


sumber : www.panoramio.com
Masjid Al-Muhsinin merupakan sebuah masjid termegah yang ada di Sumatera Barat. Masjid ini merupakan salah satu objek wisata religi yang layak untuk dikunjungi.

Masjid yang terletak di terletak menghadap Jalan Datuak Perpatih Nan Sabatang, Kelurahan Aro IV Korong, Lubuk Sikarah, Kota Solok.

Masjid yang mampu menampung sekitar 6.000 jamaah ini memiliki arsitektur yang begitu indah dan menawan. Mengunjungi masjid indah ini merupakan salah satu pengalaman wisata yang begitu mengesankan.

10. Air Terjun Sarasah Batimpo


sumber : sumbar.antaranews.com
Air Terjun Sarasah Batimpo terletak di Desa Laing, Kecamatan Tanjung Harapan, berjarak 5 km dr pusat Kota Solok.

Air terjun ini berada di lokasi yang strategis dengan view yang indah. Tempat ini juga merupakan tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati pesona air terjun sambil menikmati ekowisata seperti kolam pembibitan ikan, tempat trekking / hiking, dan berkemah.

Air terjun ini berada tepat di tengah hutan dengan jalur trekking cukup melelahkan. Airnya sangat jernih karena berasa dari mata air pegunungan. Tempat ini benar-benar layak dikunjungi bagi Anda para pencinta alam.

Itulah kesepuluh tempat pilihan yang ada di Kabupaten dan Kotamadya Solok. Tempat-tempat tersebut memiliki keunikan khas ala Sumatera Barat yang begitu mempesona. Baca juga .


Related Posts

0 comments:

Post a Comment