8 Tempat Wisata Menarik di Kota Banda Aceh Nangroe Aceh Darussalam

shares |

Wisata Aceh - Banda Aceh sebuah ibukota Propinsi yang terletak di bagian paling barat Indonesia, merupakan sebuah daerah yang menyimpan potensi wisata yang luar biasa.

Keunikan daerah yang berjuluk serambi mekah ini terletak pada budaya islami dan keunikan kuliner khas daerah ini. Dua hal tersebut merupakan hal yang membuat Anda akan terpesona ketika berada di Banda Aceh.

Apa saja tempat-tempat indah dan unik yang dapat dikunjungi di kota indah ini. Berikut Bang Mamad akan mengupas tempat-tempat pilihan yang menarik Anda kunjungi di Kota Banda Aceh.

1. Wisata Religi Masjid Baiturrahman


Sumber : www.kantomaya.com
Setiap kota memiliki ikon dan landmark masing-masing yang biasanya sesuai dengan budaya dan ciri khas daerah tersebut.

Nah, di Kota yang berjuluk serambi Mekah ini terdapat sebuah ikon ataupun landmark yaitu Masjid yang indah dan kaya nilai sejarah, Masjid Baiturrahman.


sumber : travel.detik.com
Terletak di jalan yang sama dengan namanya, masjid ini memiliki arsitektur yang sangat menakjubkan.

Masjid Baiturrahman dibangun oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam pada tahun 1612 ini dan pernah dibakar pada 10 April 1873.

Masjid tertua di Asia Tenggara ini memiliki kubah hitam gelap dengan warna dinding putih cerah. Masjid ini merupakan salah satu pusat pendidikan dan ibadah yang begitu populer tak hanya di Indonsia melainkan seluruh dunia.

Tak lengkap rasanya, jika berkunjung ke Aceh Anda tak mengunjungi objek wisata sejarah dan religi yang begitu menakjubkan ini.

2. Museum Tsunami Aceh


sumber :mulpix.com
Mungkin Anda masih teringat dengan peristiwa bencana alam yang terjad tahun 2004 silam. 

Tsunami dahsyat yang menimpa Indonesia dan beberapa negara di kawasan Samudera Hindia lainnya.

Untuk mengenang peristiwa tersebut, dibangun sebuah museum yang menjadi objek wisata edukasi yaitu sebuah museum tsunami. Museum tersebut sangat menarik dan banyak dikunjungi oleh wisatawan dalam dan luar negeri.

Museum ini terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Museum yang didesain oleh arsitek kenamaan asal Indonesia bapak Ridwan kamil memiliki bentuk bangunan yang sangat unik.


sumber : www.alamode.news
Ketika baru masuk ke dalam ruangan Anda akan menemui beberapa lorong-lorong gelap dengan efek air yang jatuh dari atas, seolah-olah Anda sedang berada di dalam gelombang Tsunami.

Setelah masuk ke museum ini banyak pelajaran yang akan Anda dapatkan. Untuk berkunjung ke tempat ini, Anda tak perlu membayar untuk tiket masuk/ Museum ini buka kecuali hari jumat jam 09.00 WIB sampai dengan jam 16.30 WIB.


3. Kapal Ikan Di Atas Rumah

a photo by @evelynn_huang via Instagram
Peristiwa tsunami Aceh memang meninggalkan kisah yang menyedihkan. Namun, ternyata tak hanya hal yang menyedihkan ternyata. Ada hal-hal unik yang tertinggal akibat hempasan gelombang tinggi tersebut.

Salah satunya adalah kapal ikan yang menyangkut di atas rumah seorang warga. Peristiwa unik ini tak hanya meninggalkan kisah, tetapi menjadi sebuah fenomena dan dijadikan objek wisata yang terkenal di Banda Aceh. 

Kapal yang menjadi media penyelamat nyawa 59 orang ketika tsunami ini terletak di Gampong Lampulo, Kec. Kuta Alam, Kota Banda Aceh.

Tak ada angkot untuk menuju lokasi ini, yang ada hanya becak motor yang dapat Anda tumpangi dari terminal kota dengan tarif Rp20.000,-. Lokasi tepatnya berada di dekat kantor Puskesmas Lampulo, persis di belakang sekolah dasar (SD) 65 Coca Cola Banda Aceh.

Keunikan akan Anda rasakan ketika melihat sebuah kapal dengan berat sekitar 20 ton berada di atas sebuah rumah. Rasanya tak sabar untuk dapat mengabadikan momen.

4. Pantai Alue Naga

a photo by @arif.fadillah via Instagram
Pantai Alu Naga terletak di Gompong Alue Naga di kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh.

Pantai ini berjarak hanya sekitar 10 kilometer dari pusat kota Banda Aceh dengan akses yang sangat mudah. Pantai indah ini adalah tempat yang tepat bagi Anda yang ingin menikmati sunset yang indah dengan suasana pantai yang begitu sejuk.

Hamparan hutan mangrove yang berada di hadapan mata membuat hati dan pikiran yang gelisah menjadi tenang menyatu dengan alam. Jadi jika ke Banda Aceh tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi pantai nan eksotis ini.

5. Komplek Taman Ghairah


sumber : hamazzakoentjoro.wordpress.com
Taman Ghairah memiliki luas sepertiga dari luas kota Banda Aceh. Terletak di pusat kota Banda Aceh, taman ini adalah salah satu tempat yang mengasyikkan untuk bersantai.

Taman yang dibangun oleh Sultan Iskandar Muda terlihat begitu artistik dan eksotik. Dibangun atas nama cinta layaknya Taj Mahal di India, taman ini memiliki pesona yang luar biasa.

6. Museum Sejarah Aceh
a photo by @atjehgallery via Instagram
Museum sejarah Aceh merupakan sebuah objek wisata sejarah yang sangat menarik untuk dikunjungi. Museum ini terletak di Jalan Alauddin Mahmud Syah, Banda Aceh.

Museum ini menyimpan Sejarah Tanah Rencong dengan benda-benda koleksi yang ada di dalamnya. 

Di museum ini Anda akan menemukan berbagai jenis perkakas, peralatan pertanian, peralatan rumah tangga, senjata tradisional dan pakaian tradisional. Di museum Sejarah Aceh Anda juga dapat melihat benda-benda koleksi manuskrip kuno, dokumentasi foto sejarah dan maket dari perkembangan Masjid Agung Baiturrahman.

Yang paling populer adalah sebuah lonceng yang berusia sekitr 1400 tahun. Dijamin, mengunjungi museum ini adalah salah satu perjalanan wisata sejarah yang mampu menambah pengetahuan Anda.

7. Wisata Kuliner Keudah dan Wisata Kuliner Simpang Mesra


sumber : helloacehku.com
Tak lengkap rasanya jika ke Aceh tak mencicipi kuliner yang lezat dan mengenyangkan khas Aceh. Ketika ke Aceh dua tempat ini yang Bang Mamad rekomendasikan yaitu Wisata Kuliner Keudah dan Wisata Kuliner Simpang Mesra.


sumber : atjehliterature.blogspot.com
Di dua kawasan tersebut terdapat kuliner yang begitu enak dan pas di kantong. Berbagai makanan tradisional akan memanjakan lidah Anda. 

8. Pantai Lampuuk


a photo by @afifarera via Instagram
Ini dia pantai terindah yang ada di Banda Aceh. Pantai yang memiliki pasir putih, nyiur dan pinus yang menjulang ini merupakan tempat wisata favorit yang ada di Banda Aceh.


a photo by @dedyjalil via Instagram
Meskipun tidak berada di dalam administratif kota Banda Aceh, pantai ini adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Banda Aceh.

Pantai Lampuuk berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Banda Aceh.

Ketika menginjakkan kaki di pantai ini, suasana yang begitu indah dan menenteramkan begitu Anda rasakan di pantai ini. Tak heran, jika pantai ini menjadi tempat favorit bagi wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk fasilitas di pantai ini terbilang lengkap seperti hotel, tempat makan dan fasilitas lainnya telah tersedia dan siap memanjakkan Anda.

Berada di Aceh merupakan pengalaman berharga. Banyak hal yang bisa Anda pelajari di Bumi Serambi Mekah ini. Keindahan budaya, alam dan keramahan masyarakatnya adalah hal yang akan membuat Anda akan betah berada di Banda Aceh.
Baca Juga 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment