SAKSIKAN BANGKA CULTURAL WAVE 2016 DI PANTAI TONGACI SUNGAILIAT

shares |

Saksikan Bangka Cultural Wave 2016 Di Pantai Tongaci Sungailiat


Pembukaan Bangka Cultural Wave

ReyGinaWisata -Dalam rangka memajukan pariwisata untuk menggerakan perekonomian masyarakat, Pemerintah Daerah Kabupaten Bangka akan menyelenggarakan event Bangka Cultural Wave pada 8 - 12 September 2016 di Pantai Tongaci Sungailiat, Bangka.

Event Bangka Cultural Wave ini diselenggarakan dengan maksud untuk memperkenalkan berbagai kekayaan alam dan budaya serta man-made yang dimiliki Indonesia khususnya di daerah Kabupaten Bangka sehingga event ini bisa menjadi bagian dari promosi pariwisata yang pada akhirnya bisa mendatangkan minat wisatawan mancanegara dan wisatawan nusantara untuk berkunjung ke Kabupaten Bangka.

Seperti Anda ketahui bahwa Bangka Cultural Wave pada awalnya dimaksudkan untuk merayakan sekaligus penanda dibukanya Delocomotief Art Stage sebagai tempat "hangout" di Sungailiat. 

Bangka Culture Wave akan dimeriahkan serangkaianpertunjukan musik tari yang dilakukan oleh para seniman regional dan internasional. Di event ini diperkirakan ada 10 seniman dari berbagai bangsa yang akan tampil menyemarakan pertunjukan yang dilakukan dalam bentuk perjalanan di Pantai Tongaci, Delocomotief Art Stage, Cinabata Batutapak Chengho, Menumbing Muntok dan Pangkal Pinang.

Acara pembukaan akan ditandai dengan pelepasan 71 penyu dewasa ke Laut Cina Selatan. Sebuah upaya pelestarian alam aktif dan rasa syukur perjalanan negara. Pembukaan Museum Garuda dengan orasi budaya oleh Prof Jean Couteau tentang mitologi Garuda dan Penyu menjadi tanda diluncurkannya Taman Edukasi di wilayah ini.

Selain itu  juga dilakukan Peluncuran Jalur Samudra Chengho dengan menyelenggarakan simposium, pemutaran film, pameran dan pendirian Akademi Budaya Chengho Dunia (ABCD) yang diselenggarakan bersama Asdep Pengembangan Destinasi Budaya Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Ukus dari Biro Hukum dan Komunikasi Publik mengharapkan perhelatan multievent ini dapat memperkaya perkembangan budaya dan ruang penciptaan industri kreatif di Indonesia khususnya di Kabupaten Bangka. "Mari kita apresiasi seluruh karya yang ditampilkan pada acara ini sebagai bagian penghargaan terhadap para kreator, musisi dan budayawan yang akan menampilkan karya terbaiknya,"

Selain menyaksikan penyelenggaraan Bangka Cultural Wave pada 8-12 September 2016,  Anda juga dapat menjelajahi berbagai Tempat Wisata Andalan Bangka  lainnya seperti Wisata Pantai, Wisata Adat Dan Budaya, Wisata Sejarah, Wisata Alam maupun Wisata Belanjanya.

Berikut beberapa Destinasi Wisata Bangka yang patut Anda kunjungi jika berlibur ke Kabupaten Bangka.

1. Pantai Tongaci

Pantai Tongaci

Pantai Tongaci merupakan objek wisata pantai untuk keluarga di Bangka sekaligus rumah bagi ratusan bayi penyu (Tukik). Tujuan didirikannya tempat konservasi disini selain untuk wisata bahari juga untuk melindungi penyu dari kepunahan dan sarana edukasi bagi anak-anak hingga mahasiswa.

Pantai Tongaci terletak di Jalan Laut Kampung Pasir Sungailiat atau berjarak sekitar 45 kilometer dari kota Pangkalpinang. Selain mengunjungi konservasi Penyu, Pantai ini juga menyuguhkan pemandangan pantai yang indah sengan hamparan pasir putih bersihnya.

Di Pantai Tongaci Anda dapat melakukan aktivitas berenang, bersantai, melihat penangkaran penyu, berjemur matahari, bermain banana boat serta fasilitas pendukung lainnya seperti kafe, restoran dan hotel. 

2. Pantai Matras

Pantai Matras

Pantai Matras adalah pantai yang indah dan landai berpasir putih halus sepanjang 3 kilometer dengan lebar sekitar 20-30 meter dan dilatarbelakangi oleh pohon kelapa dan aliran sungai alami. Pantai Matras terletak di Desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat atau disebelah timur dari Pulau Bangka. 

Pantai Matras sering juga disebut dengan Pantai Surga sehingga banyak wisatawan yang datang berkunjung di pantai ini.

3. Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona

Pantai Tanjung Pesona terletak di Desa Rambak, Kecamatan Sungailiat atau berjarak 9 kilometer dari kota Sungailiat. Pantai ini memiliki panorama laut lepas diatas tanjung dengan bebatuan yang besar. Pantai ini juga telah dilengkapi dengan fasilitas wisata seperti hotel berbintang tiga.

4. Parai Beach Resort

Tempat Wisata Parai Beach Resort dilengkapi dengan hotel berbintang empat dan berbagai sarana hiburan yang dilatarbelakangi oleh formasi batu karang. Terletak di Desa Matras, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat,  

5. Pantai Batu Bedaun

Pantai Batu Berdaun terletak di Kampung Bukit Kuala, Kelurahan Sinar Jaya, Kecamatan Sungailiat. Pantai ini cukup unik dan berada bersebelahan dengan Pantai Parai Tenggiri yang mempunyai ciri khas pohon yang tumbuh d atas batu.

6. Pantai Rebo

Pantai Rebo

Pantai Rebo memiliki perbukitan yang indah sehingga pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan setiap harinya.

7. Pantai Tikus

Pantai Tikus terletak di Desa Rebo, Kelurahan Kenanga, Kecamatan Sungailiat. Pantai ini masih alami dan cukup menarik untuk Anda kunjungi. Bentuk pantainya yang cekung, berpasir putih bersih nan halus.

8. Pantai Teluk Uber

Pantai Teluk Uber terletak di Desa Rambak, Kelurahan Srimenanti, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka. Pantai seluas 25 ha dengan pemandangan yang indah dan berpasir putih ini dilengkapi dengan fasilitas hotel.

9. Pantai Romodong

Pantai Romodong

Pantai Romodong berlokasi di daerah Belinyu, Bangka Utara atau sekitar 77 kilometer dari Sungailiat. Di pantai ini Anda dapat menyaksikan peristiwa terbenamnya matahari. Hal ini disebabkan lokasi pantainya menghadap ke arah barat. Dengan panjang pantai sekitar 4 kilometer, Pantai ini sangat landai berpasir putih nan halus dengan air lautnya yang bening bagaikan kristal.

10. Pantai Penyusuk

Pantai Penyusuk terletak di Desa Penyusuk, Kecamatan Belinyu. Pantai yang landai ini dan alami serta dihiasi dengan bebatuan patut Anda kunjungi karena keindahan pantainya serta air lautnya yang jernih.

11. Pantai Air Anyir

Pantai Air Anyir

Pantai Air Anyir terletak di Desa Air Anyir, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka. Pantai ini berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Sungailiat arah ke Pangkal Pinang. Di pantai sering diadakan Upacara Rebo Kasan sebagai ucapan syukur dan Do;a kepada Tuhan YME sebelum pergi ke laut untuk mencari ikan.

12. Pha Kak Liang

Pha Kak Liang

Pha Kak Liang berada di Desa Kuto Panji, Kecamatan Belinyu. Kabupaten Bangka atau berjarak sekitar 53 kilometer dari kota Sungailiat. Pha Kak Liang adalah sebuah kawasan bergaya China yang dibangun di bekas Tambang Timah. Kawasan seluas 2 ha ini terdapat kawasan Daratan Hongkong dan Taiwan. Selain itu Anda juga dapat menyaksikan ikan air tawar raksasa yang bermunculan diatas permukaan air pada saat Anda beri makanan yang disediakan oleh penjaga setempat.

13. Vihara Dewi Kwan In

Vihara Dewi Kwan In

Vihara Dewi Kwan In berada dikaki bukit dan terdapat aliran air sungai yang terletak di Desa Jelitik, Kecamatan Sungailiat atau berjarak sekitar 15 kilometer dari kota Sungailiat. Menurut masyarakat setempat air tersebut dapat menyembuhkan penyakit, awet mudaatau meminta sesuatu yang di inginkan. Di vihara ini juga tersedia kolam pemandian dan vihara kecil untuk sembahyang.

14. Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali

Objek wisata Pemandian Air Panas Tirta Tapta Pemali merupakan aset wisata oantai yang terletak di Desa Pemali, Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka atau sekitar berjarak 20 kilometer dari kota Sungaikiat. Lokasi sumber air panas ini ditemukan perrtama kali pada zaman kolonial Belanda pada saat dilakukan eksplorasi timah oleh perusahaan B.TW (Batam Tin Winning Bidrijt).

Air panas ini berasal dari air tanah aktif yang mengeluarkan belerang yang sangat cocok bagi wisatawan yang datang untuk kesehatan atau menghilangkan pegal-pegal dengan cara berendam dikolam air yang disediakan.

15. Hutan Wisata Sungailiat

Hutan Wisata Sungailiat terletak di Kelurahan Parit Panjang, Kecamatan Sungailiat yang berhadapan dengan Masjid Agung. Tempat ini sering digunakan sebagai tempat berkemah. Selain sebagai tempat berkemah, Hutan Wisata Sungailiat juga digunakan untuk istirahat untuk istirahat sekedar menikmati pepohonan yang lebat dan tinggi.

16. Situs Kota Kapur

Situs Kota Kapur terletak di Desa Kota Kapur, Kecamatan Mendo Barat tempat ditemukannya prasasti (Batu Bertulis) yang disebut Lingga dan Batu Yoni peninggalan Kerajaan Sriwijaya yang dulu mengirimkan utusannya untuk memberantas para perampok dan pemberontak.

Nah selain dapat menyaksikan Bangka Festival Cultural 2016 dari tanggal 8-12 September 2016 Anda juga dapat menjelajahi beberapa Tempat Wisata Andalan Bangka yang tentunya sangat indah dan menyenangkan menghabiskan liburan Di Pulau Bangka yang eksotis.

source:
- kemenpar
- bangka.go.id

Related Posts

0 comments:

Post a Comment