7 Tempat Wisata di Lubuklinggau Paling Menarik

shares |

Wisata Lubuklinggau - Lubuklinggau merupakan salah satu kota yang berada di wilayah paling barat propinsi Sumatera Selatan memiliki potensi wisata yang luar biasa. 

Semenjak dimekarkan pada tahun 2001 silam kota ini merupakan salah satu potret keberhasilan daerah pemekaran yang ada di Sumatera.

Kota Lubuklinggau begitu mempesona dengan kekayaan nilai-nilai sejarah, kekhasan budaya, kelezatan aneka kuliner khas dan pemandangan alam begitu mempesona. 

Dari kota Palembang menuju kota ini Anda harus melewati perjalanan cukup jauh sekitar 313 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 7 jam perjalanan. Dari kota Bengkulu berjarak 136 kilometer melalui jalan Bengkulu - Kepahiang dan Jl. Curup - Lubuk Linggau dengan waktu tempuh sekitar 4 jam.

For you information, di kota ini terdapat beberapa objek wisata yang begitu indah yang sayang untuk dilewatkan. Apa saja tempat-tempat tersebut berikut ulasannya : 

1. Bukit Sulap Lubuklinggau

A photo by  @erik_exstrada92 via instagram
Bukit Sulap merupakan salah satu keunikan wisata yang dimiliki Lubuklinggau. Dari namanya saja Anda sudah tahu bahwa tempat ini memiliki keunikan yang tak dimiliki daerah lainnya. Ya, bukit ini tak terlihat pada pagi hari karena kabut yang menyelimutinya.


Objek wisata ini merupakan icon wisata dan paru-paru kota Lubuklinggau yang sangat tersohor dan populer. Wisata Bukit Sulap terletak di jalan Bengawan Solo, kelurahan Ulak Surung, kecamatan Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.

sumber : maipura.wordpress.com
Dari pusat kota Lubuk Linggau hanyak berjarak 2,1 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 7 menit. Kondisi jalan menuju kawasan ini cukup bagus jadi kendaraan yang menuju lokasi ini tak menemui hambatan yang berarti.

Setibanya di dekat bukit ini ketika sebelum pukul 07.00 Anda akan melihat sebuah keajaiban yaitu bukit yang benar tak terlihat seolah-olah menghilang di balik kabut. Ketika siang barulah bukit ini perlahan kelihatan.

Selain keajaiban tersebut, dari bukit indah ini Anda dapat memandangi keindahan kota Lubuklinggau dari berbagai sudut pandang yang berbeda. Benar-benar menakjubkan.

Berbicara fasilitas di tempat ini tersedia berbagai fasilitas mulai dari track downhill, camping ground sampai beberapa warung makan yang berada di dekat bukit ini. Pemerintah kota Lubuklinggau saat ini akan membangun bukit ini menjadi sebuah kawasan wisata lengkap dengan berbagai fasilitas yang bisa membuat pengunjung nyaman dan bahagia.

2. Air Terjun Temam


a photo by @alphardannisa via instagram
Air terjun ini merupakan salah satu air terjun terindah yang ada di sumsel. Banyak yang mengatakan bahwa air terjun Temam adalah miniatur air terjun niagara yang ada di Amerika.

Air terjun ini memiliki lebar sekitar 25 meter dengan ketinggian sekitar 12 meter. Panorama sekitar air terjun ini begitu indah dan mempesona. Dikelilingi alam yang hijau dan asri, membuat pengunjung merasa begitu nyaman dan betah berlama-lama menikmati air terjun ini.


Air terjun ini terletak di kelurahan Rahma sekitar 14 kilometer dari pusat kota dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.


Untuk mengunjungi objek wisata ini Anda cukup membayar Rp10.000,- perorang dan Rp3.000,- untuk parkir kendaraan. Untuk mengunjungi air terjun yang melebar bak tirai ini Anda harus menyiapkan bekal yang cukup karena di tempat ini masih minim penjual makanan meskipun sudah ada beberapa penjual makanan. Di tempat ini tersedia fasilitas seperti tempat istirahat dan toilet.



sumber : tribunnews.com
Nah, menarik bukan. Air terjun ini tak boleh Anda lewatkan jika ke Lubuklinggau.

3. Air Terjun Sando


sumber : www.radarpatpetulainews.com
Mungkin, mendengar air terjun Sando agak begitu asing di telinga para wisatawan. Namun, Air terjun ini merupakan salah satu keindahan tersembunyi yang dimiliki Lubuklinggau. 

Tak kalah dengan Air Terjun Temam, Air terjun yang terletak di Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat I ini memiliki potensi yang begitu besar untuk menjadi objek wisata andalan Linggau.


Suasana alami yang jauh dari kebisingan dan hiruk pikuk kota membuat berada di lokasi air terjun ini terasa begitu nyaman. Di tambah lagi dengan keindahan panorama sekitar membuat air terjun ini terlihat sangat memukau.


Air terjun ini berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Lubuklinggau dengan kondisi jalan tanah dan bebatuan yang membuat perjalanan Anda tersa lama dan cukup menantang.


4. Bendungan Watervang


sumber : waknyenyes.WordPress.com
Bendungan Watervang merupakan bendungan yang dibangun oleh Belanda yang memiliki nilai keindahan yang tinggi. Tak heran, bendungan ini merupakan salah satu tujuan wisata favorit di kota Lubuk Linggau.

Bendungan yang dibangun di atas lahan seluas 8.000 hektare ini merupakan sarana irigasi di wilayah kota lubuklinggau ataupun kabupaten Musirawas. Karena keindahannya tempat ini menjadi objek wisata yang wajib dikunjugi jika ke Lubuklinggau.


Bendungan Watervang ini terletak di Kelurahan Watervang Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Berjarak hanya 5,6 kilometer melewati jln Yos. Sudarso. 


Di atas Bendungan ini terdapat sebuah jembatan gantung yang menjadi spot terbaik menikmati keindahan alam sekitar bendungan ini. Berbagai fasilitas dapat nikmati di sektar tempat ini mulai dari cafe yang berada tak jauh dari lokasi bendungan ini maupun fasilitas lainnya.


Untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya datang pada saat musim kemarau. Karena pada saat musim kemarau air dibendungan ini sangat jernih dan Anda dapat mandi di sekitar bendungan yang cantik ini.


5. Pusat Kuliner Lubuklinggau

sumber :instidy.com
Tak lengkap rasanya jika perjalanan Anda ke Lubuklinggau tanpa mencoba keanekaragaman wisata kuliner kota ini. 

Di jalan Yos Sudarso Anda dapat menemukan berbagai hidangan kuliner yang lezat mulai dari pempek, martabak india, burgo, mei celor, model gendum dan aneka makanan enak lainnya. Harga yang ditawarkan pun tak terlalu mahal. Jadi bagi Anda pencinta wisata kuliner jangan lewatkan kawasan pusat kuliner ini ya.


6. Air Terjun Pelegan



sumber : rahmaaustin4199.blogspot.co.id
Satu lagi air terjun yang tak kalah indah di Linggau adalah air terjun Pelegan. Air terjun ini terletak di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan. Untuk sampai ke air terjun ini Anda harus berjalan sekitar 10 menit melewati perkebunan karet warga. Sampai dilokasi air terjun ini Anda tentunya tak abar menceburkan diri ke air terjun yang jernih dan asri ini.

7. Arung Jeram di Sungai Kelingi



a photo by @cep_suwanda via instagram
Rafting merupakan salah satu pilihan wisata Anda di kota yang berslogan sebiduk semare kaya ini. Arus deras sungai kelingi menjadi tantangan tersendiri bagi penikmat olahraga yang satu ini.

Dengan pemandangan yang luar biasa, airnya yang cukup deras dan di penuhi oleh batu-batu besar sehingga menjadikan sungai Kelingi menjadi salah satu spot terbaik untuk arung jeram. Setiap tahunnya digelar event arung jeram yang disupport oleh pemerintah Lubuklinggau.


Tunggu apalagi "ayo ngelong ke Lubuk Linggau" tentunya Anda akan menemukan pengalaman dan kesan tersendiri dari kota yang sangat indah ini.

Baca juga 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment