Objek Wisata Menarik Pesona Keindahan Danau Kaco Lempur Kerinci

shares |

Wisata Kerinci - Danau Kaco merupakan salah satu objek wisata alam yang sangat populer di Kerinci. Karena keindahannya, banyak wisatawan yang rela melakukan perjalanan yang begitu melelahkan. 

a photo by @brillian_bavari via instagram
Danau Kaco berada dalam kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat tepatnya di Desa Lempur, Kecamatan Gunung Raya. 

Dari Kota Sungai Penuh menuju Desa Lempur Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor dengan jarak 41,3 kilometer yang memiliki waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Kondisi jalan Depati Parbo yang Anda lewati ke Desa ini cukup baik walaupun agak sempit.

a photo by @nobietha_clothing via instagram
Setelah singgah di Dea Lempur, Anda harus melakukan trekking selama 4 jam perjalanan. Jalur yang dilalui melewati hutan yang asri dan mendaki yang membuat Anda merasa begitu lelah.

sumber : tasman1959.blogspot.com
Ketika sampai di danau ini, Anda akan melihat keindahan yang begitu mempesona. Yaitu Air yang bening berwarna biru membuat siapa saja ingin menceburkan diri ke air yang biru ini.
sumber : www.pubinfo.id
Suasana di sekitar danau ini membuat siapa saja enggan pulang dan betah berlama-lama mandi. Karenaya banyak pengunjung yang melakukan camping di sekitar ini.

a photo by @pspradhana via instagram
Apalagi menurut warga sekitar Danau ini akan bercahaya pada saat bulan purnama. 

Danau yang memiliki luas sekitar 90 meter persegi ini sangat unik, selain tak ada yang tahu pasti berapa kedalamannya. Cahaya yang memancar pada saat bulan purnama pun tak ada yang tahu penyebab pastinya.

Objek wisata yang baru populer sekitar tahun 2010 an ini sangat erat kaitannya dengan legenda yang dipercayai masyarakat tentang keberadaan Danau ini. 

a photo by @fakhrulaizat via instagram
Sedikit berbincang dengan tokoh masyarakat setempat mereka mengatakan bahwa asal muasal cahaya dari danau ini merupakan cahaya intan yang tersimpan di dasar air. 

Menurut Legenda intan tersebut dikubur di dasar danau oleh Raja Gagak yang merupakan pemberian dari pangeran-pangeran yang ingin melamar putrinya.

Karena keserakahannya Raja Gagak menerima semua lamaran pangeran tersebut dan bingung menentukan pangeran mana yang berhak menjadi suami putrinya yaitu putri Napal Malintang.

Dan Ia pun kabur ke Hutan dan dikuburlah intan tersebut di dasar Danau Kaco. Nah, hal itulah yang membuat danau ini bercahaya menurut masyarakat setempat.

Menikmati waktu libur di Danau ini sangat menarik. Anda akan merasakan indahnya danu yang bercahaya bak permata dan berenang bersama ikan semah yang terdapat di dalamnya. 

a photo by @hardinohary8 via instagram
Aktivitas kemah di tempat ini pun terbilang cukup indah dan menarik. 

Untuk melakukan perjalanan ke objek wisata ini disarankan Anda menggunakan jasa beberapa Guide dengan tarif sekitar Rp200.000,-. Guide di Kerinci sangat ramah dan bertanggung jawab jadi perjalanan Anda terjamin  dari tersesat.

Untuk menikmati objek wisata yang begitu unik dan indah ini Anda perlu melakukan persiapan yang maksimal agar kegiatan wisata yang seharusnya menyenangkan dan berkesan berubah menjadi malapetaka bagi diri Anda. 

Objek wisata Danau Kaco merupakan karya Tuhan yang begitu indah. Jangan sampai dirusak oleh tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Jaga kebersihan dan keindahannya dengan tidak membuang sampah sembarangan atau melakukan aktivitas lainnya yang dapat merusak keindahannya. 

Related Posts

0 comments:

Post a Comment