PARIWISATA INDONESIA, FAVORIT WISATAWAN MANCANEGARA

shares |

Pariwisata Indonesia, Favorit Wisatawan Mancanegara  


ReyGina Wisata | Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 13.487 pulau besar dan kecil dan sekitar 6.000 pulau tak berpenghuni yang tersebar dari ujung barat Pulau Sumatera hingga ujung timur Pulau Papua. Dengan cuaca tropis, Indonesia terletak diantara dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia merupakan Tujuan Wisata Favorit Bagi Wisatawan Mancanegara..

Pariwisata Indonesia

Dengan wilayah yang terbentang sepanjang 3.977 mil diantara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik , Pariwisata Indonesia merupakan wilayah Favorit bagi Wisatawan Mancanegara untuk datang berkunjung Menikmati Keindahan Alam Tropis yang bagaikan surganya dunia.

Indonesia memiliki kawasan terumbu karang terkaya di dunia dengan lebih dari 18% terumbu karang dunia berada di perairan Indonesia serta lebih dari 3.000 spesies ikan, 590 jenis karang batu, 2.500 jenis moluska dan 1.500 jenis udang-udangan dengan 600 titik selam yang tersebar dari ujung barat Pulau Sumatera hingga ujung timur Pulau Papua. 

Kepulauan Raja Ampat

Di Indonesia, Anda dapat mengunjungi Raja Ampat, salah satu Taman Laut Terindah dan Terbesar di Indonesia dan dunia dengan aneka ragam biota lautnya. Tempat ini juga merupakan salah satu lokasi selam scuba terbaik di dunia karena memiliki jarak pandang yang mencapai hingga 30 meter pada siang hari. 

Hasil riset Lembaga Konservasi International pada tahun 2001 dan 2002 menemukan setidaknya 1.300 spesies ikan, 600 jenis terumbu karang dan 700 jenis kerang di kawasan perairan Raja Ampat.  

Taman Laut Bunaken

Sementara Taman Laut Bunaken yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara juga merupakan Pariwisata Indonesia yang banyak dikunjungi oleh Turis Mancanegara. Tempat ini memiliki 25 titik selam dengan kedalaman hingga 1.556 meter. Di tempat ini Anda dapat menemukan hampir 70% spesies ikan Pasifik Barat. Terumbu Karang di Bunaken juga disebut tujuh kali lebih bervariasi dibandingkan dengan yang terdapat di Hawaii. 

Selain Raja Ampat dan Bunaken, Indonesia juga masih banyak memiliki taman laut lainnya yang tak kalah indahnya seperti Taman Laut Wakatobi di Sulawesi Tenggara, Taman Laut Nusa Penida di Pulau Bali, Taman Laut Karimunjawa di Jawa Tengah, Taman Laut Derawan di Kalimantan Timur, Taman Laut Kepulauan Seribu di Jakarta, Taman Laut Banda di Maluku, Taman Laut Komodo di Nusa Tenggara Timur dan lain sebagainya yang pastinya akan membuat Anda terkesima dan takjub atas keindahannya.

Taman Laut Wakatobi

Selain banyak memiliki Taman Laut berkelas dunia, Indonesia juga memiliki 50 Taman Nasional yang terbesar dari Sabang sampai Merauke dengan 6 di antaranya termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.


Di Taman Nasional Lorenz yang terletak di Pulau Papua, Anda dapat menemukan 42 spesies hewan langka. Hewan langka dikawasan ini antara lain Kanguru Pohon, Landak Irian, Tikus Air, Walabi dan juga Kuskus. Serta lebih dari 1.000 spesies ikan yang diantaranya adalah Ikan Koloso. 

Taman Nasional Lorenz

Selain memiliki banyak spesies langka, Di Taman Nasional Lorenz juga terdapat Salju Abadi (Gletser) yang berada di Puncak Gunung Jayawijaya.

Sementara di Ujung Barat Pulau Jawa, Anda dapat mengunjungi Taman Nasional Ujung Kulon yang merupakan Taman Nasional Tertua Di Indonesia untuk melihat dan menyaksikan keberadaan hewan langka Badak Bercula Satu yang populasinya kian menipis.

Taman Nasional Komodo

Pengamatan satwa endemik Komodo Dragon serta satwa lainnya seperti Rusa, Babi Hutan dan Burung dapat Anda lakukan di Taman Nasional Komodo yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Selain itu di wilayah ini Anda juga dapat menyaksikan Danau Tiga Warna Kelimutu yang berada di Puncak Gunung Kelimutu Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Bagi Anda pecinta alam dan senang dengan pendakian, Di Indonesia terdapat 400 gunung berapi yang 130 diantaranya masih aktif. Gunung Bromo yang terletak di Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu Gunung Terindah Di Dunia. Di tempat ini Anda dapat menyaksikan Matahari Terbit (Sunset). Pada bulan-bulan tertentu terdapat upacara keagamaan Yadnya Kasada yang dilakukan oleh masyarakat Suku Tengger.

Gunung Bromo

Daerah lainnya yang memiliki Gunung-gunung terindah di Indonesia adalah di Jawa Barat dengan Gunung Tangkuban Perahu_nya. Gunung yang masih aktif ini menghasilkan mata air panas yang terletak di kaki gunung yang dikenal dengan nama Ciater yang sering di manfaatkan oleh banyak wisatawan sebagai Spa dan terapi pengobatan.

Keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara pengemban argowisata dunia. Kebun Raya Bogor yang terletak di kota Bogor, Provinsi Jawa Barat merupakan lokasi agrowisata populer di dunia yang berdiri sejak abad ke-19 dan merupakan yang tertua di Asia dengan tumbuhan tropis terlengkap di dunia. Saat ini Kebun Raya Bogor memiliki 3.397 spesies fauna umum, 550 spesies tumbuhan anggrek serta 350 spesies tumbuhan non anggrek yang berada di dalam rumah kaca. 

Kebun Raya Bogor

Sementara Taman Wisata Mekarsari yang terletak tidak jauh dari Kebun Raya Bogor merupakan Taman Buah Tropis Terbesar Dan Terlengkap Di Dunia. Di taman ini terdapat sekitar 100.000 spesies tanaman buah yang terdiri dari 78 famili, 400 spesies dan 1,438 varietas.

Fasilitas

Setiap pulau besar di Indonesia setidaknya memiliki satu bandara international serta hampir seluruh pulau di Indonesia menyediakan transportasi darat sehingga Anda akan merasa nyaman dan tenang saat berpergian ke tempat-tempat wisata terbaik di Indonesia.

Selain menyediakan alat transportasi yang baik, Indonesia juga banyak memiliki tempat penginapan dari yang tradisional hingga hotel kelas 5 yang banyak bertebaran diseluruh tempat wisata yang ingin Anda tuju. 


Regulasi Visa

169 negara dibebaskan dari kewajiban memiliki visa untuk tujuan kunjungan ke Indonesia. Hal ini berdasarkan pada Peraturan Presiden Nomor 21 tahun 2016 yang sebelumnya Bebas Visa kunjungan diberikan kepada 45 negara. 

Peraturan Presiden Nomor 21 tahun 2016 ini mengamanatkan bahwa Penerima Bebas Visa Kunjungan diberikan izin tinggal selama 30 hari dan tidak dapat diperpanjang masa berlakunya. Penerima Bebas Visa Kunjungan dapat keluar dan masuk melalui 124 Tempat Pemeriksaan Imigrasi darat, laut dan udara yang biasanya dilakukan untuk Menikmati Pariwsiata Indonesia bagi wisatawan mancanegara.


sumber:
- id.wikipedia
- imigrasi.go.id     


Related Posts

0 comments:

Post a Comment