20 Tempat Wisata di Nias Sumatera Utara Paling Menarik untuk Dikunjungi

shares |

Wisata Nias - Nias merupakan sebuah pulau yang terletak di barat pulau Sumatera. Pulau ini berhadapan langsung dengan Samudera nan luas Samudera Hindia. 

Pulau terbesar di pantai barat Sumatera ini, terdiri dari beberapa kabupaten dan kota yang termasuk wilayah administratif provinsi Sumatera Utara. Kabupaten dan kota tersebut adalah Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Utara, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Selatan, dan Kabupaten Nias. 


Daerah-daerah tersebut memiliki pesona wisata yang tak kalah menariknya dengan daerah wisata lain di Indonesia. Keindahan dan pesona Nias membuat daerah yang unik ini menjadi salah satu tujuan wisata para turis domestik dan mancanegara. 


Perpaduan antara budaya suku Batak dan keindahan alam yang memukau membuat Nias menjadi salah satu daerah andalan wisata Sumatera Utara. 


Keunikan budaya Nias membuat salah satu tradisinya pernah menjadi salah satu gambar di uang rupiah. Tradisi lompat batu merupakan tradisi yang unik dan menambah pesona wisata pulau ini. 


Kali ini Bang Mamad akan mengajak Anda menemukan tempat-tempat wisata menarik di Nias. Berikut ulasannya. 


1. Tempat Berselancar Terbaik di Indonesia Pantai Sorake


a photo by @darrigood via instagram
Ini dia tempat yang menjadi magnet di Nias. Sebuah pantai dengan ombak menggulung-menggulung dan view menakjubkan. Salah satu tempat favorit bagi para surfer dunia. Tempat terbaik untuk surfing di Indonesia.

Pantai ini terletak di Desa Botohilitano kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan. Berjarak 103 kilometer dari Bandara Binaka Gunung Sitoli dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan darat.

Pantai yang digadang-gadang sebagai tempat surfing terbaik di dunia ini memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap dan menunjang. Di tempat ini Anda juga dapat menikmati suasana romantis dengan sunset yang menguning di sore hari. 


Untuk penginapan, Anda tak perlu khawatir. Beberapa penginapan mulai dari yang murah sampai yang berkelas dapat Anda temui di sekitar Pantai ini.


2. Surfing di Pantai Lagundri


a photo by @surfergabrielsodre via instagram
Pantai Lagundari adalah sebuah pantai yang disebut-sebut sebagai salah pantai dari 10 lokasi terbaik surfing di dunia. Pantai yang berjarak 2 kilometer dari pantai Sorake ini merupakan tempat yang indah dengan ombak menggulung-gulung dapat memacu adrenalin Anda. Pantai ini banyak dikunjungi pada bulan April hingga September di mana pada waktu tersebut ombak-ombak terbaik dapat dinikmati para peselancar dunia.

3. Tradisi Lompat Batu Desa Bawomataluo



a photo by @etnisnias via instagram
Sebuah tradisi yang amat terkenal di seluruh Indonesia. Tradisi Lompat Batu atau yang juga dikenal dengan fahombo atau hombo batu adalah tradisi yang melegenda dan berabad-abad secara turun temurun dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Salah satu tempat bagi Anda untuk dapat menyaksikan tradisi unik ini adalah di Desa Bawomataluo Kecamatan Teluk Dalam Kab. Nias Selatan. Desa ini berjarak sekitar 84 kilometer dari Bandara Binaka Gunungsitoli dengan waktu tempuh sekitar satu jam setengah.


Sesampai menginjakkan kaki di Desa ini. Anda akan melihat sebuah keindahan budaya Nias yang luar biasa. Bangunan rumah tradisional khas Nias akan membuat Anda terpukau dan betah berlama-lama di Desa Bawomatalua. 


4. Pesona Indah Pantai Nusa Lima 



sumber : kompas.com
Salah satu pantai indah yang berada di Nias adalah pantai Nusa Lima. Memang namanya sedikit begitu asing di telinga. Akan tetapi tempat tersebut tak kalh indahnya dengan pantai lainya di Nias. Tak hanya keindahan pasir pantai semata, perpaduan laut yang memberi kesejukan dan suara-suara burung di pepohonan yang rimbun serta pelayanan para pegawainya yang cukup memuaskan para pengunjung.

Pantai ini terletak di Desa Foa, Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli, 16 kilometer dari Gunungsitoli atau 2 kilometer menjelang bandara Bandara Binaka. Setiba kaki di pantai ini perasaan tak sabar untuk berenang dan mengambil gambar degan latar belakang pantai yang begitu indah. Benar-benar mempesona, layak pantai ini dikatakan adalah 'Nusa Dua' nya Nias.


5. Indahnya Pantai Malaga


a photo by @joicehutabarat via instagram
Salah satu pantai yang dekat dengan Bandara Binaka adalah pantai Malaga. Pantai yang terletak di kecamatan Gunungsitoli Idanoi Kotamadya Gunungsitol merupakan salah satu pantai yang paling banyak dikunjungi oleh keluarga dan remaja yang ingin menghabiskan waktu sore dengan menikmati udara segar di pantai. Di dekat pantai ini tersedia berbagai fasilitas seperti penginapan dan tempat jajanan, seafood dan snack lainnya.

6. Menikmati Berselancar di Pantai Walo Afulu

sumber : northniastourism.com
Pantai Walo Afulu merupakan salah satu pantai unik di Nias dengan warna pasir kemerahan. Pantai yang terletak di Desa Harewakhe Kecamatan Afulu Kabupaten Nias Utara ini merupakan salah satu tempat yang memiliki pesona yang luar biasa.

Pantai ini berjarak 97,4 kilometer dari Bandara Binaka ini layak Anda jadikan tujuan wisata Anda di Nias. Pantai yang masih perawan ini memiliki pasir yang halus dan pepohonan yang berbaris nampak begitu indah. Selain itu, ombaknya yang tak terlalu besar hanya setinggi sekitar 5 meter membuat pantai ini sangat layak untuk dijadikan tempat untuk berselancar. Meski fasilitas masih belum memadai, pantai ini merupakan salah satu pantai terindah di Nias dan sangat sayang jika tak Anda jadikan tujuan utama wisata Anda di Nias.

7. Eksotisme Pantai Laowamaru 

sumber : nusantaratour.wordpress.com
Salah satu pantai indah lainnya yang ada di Nias adalah pantai Laowomaru. Pantai yang terletak di Kota Gunugn Sitoli ini merupakan salah satu pantai terpopuler yang ada di Nias. Eksotika pasir putih dan birunya laut yang indah nampak serasi dengan nyiur yang berjejer di sepanjang pantai indah. Pantai nan eksotik ini hanya berjarak 7 kilometer dari pusat kota Gunung Sitoli.

8. Keindahan 
Pantai Charlita

sumber : travel.detik.com
Pantai Charlita terletak di Desa Afia Kecamatan Gunung Sitoli Kabupaten Nias. Pantai nan indah dengan pemandangan yang menakjubkan ini hanya berjarak sekitar 16 kilometer dari Pusat Kota Gunung Sitoli dengan waktu tempuh sekitar 32 menit. Untuk masuk ke pantai indah dengan ragam fasilitas ini Anda dikenakan biaya masuk sebesar Rp10.000,- pada hari libur dan Rp5.000,- hari biasa. Dengan akses yang cukup mudah dan fasilitas yang mendukung pantai ini merupakan pantai terfavorit yang ada di Kabupaten Nias.

9. Keunikan Pantai Bunda

a photo by @chiviley_armando_440 via instagram
Lokasi pantai selanjutnya adalah pantai Bunda yang juga terdapat di Gunung Sitoli. Pantai eksotis dekat dengan Taman Doa Bunda Maria ini menyajikan pemandangan yang luar biasa. Pantai ini sangat indah dan layak untuk Anda jadikan tempat berlibur dan bersantai menikmati senja yang indah di Nias.

10. Kuliner Lezat di Pantai Muara Indah 


sumber : anthonynh.blogspot.co.id
Pantai muara indah tak hanya pantai dengan panorama indah. Namun, pantai ini jua menawarkan kekayaan kuliner laut khas Nias. Pantai ini terletak di desa Jalan Arah Awa�ai Km 14,5, Kecamatan Gunungsitoli Utara. Berbagai kuliner laut akan menjadi penghibur tersendiri bagi Anda penikmat wisatakuliner. Pantai yang indah ini sangat ramai dikunjungi di waktu libur.

11. Surga Tersembunyi Kepulauan Hinako


sumber : Tripvisto.com
Nah, bicara keindahan yang tersembunyi dan masih belum banyak diketahui di Nias maka kita sebut saja sebuah gugusan pulau yang sangat indah yaitu Kepulauan Hinako. Pulau ini tak kalah indahnya dengan Raja Ampat yang ada di Papua. 

Gugusan delapan pulau yang berada di Kabupaten Nias Barat ini memiliki lokasi surfing kelas dunia, pantai-pantai yang begitu eksotis dan alam bawah laut yang sangat indah. Pulau yang tak begitu ramai ini membuat suasana libur Anda terasa begitu indah dan menakjubkan. Tunggu apalagi, kepulauan Hinako sangat layak untuk Anda jadikan tujuan utama destinasi liburan Anda. 

12. Romantisme Pantai Hoya 


sumber : travel.detik.com
Satu lagi pantai eksotis yang masih belum terekspos di Nias yaitu pantai Hoya. Pantai ini terletak di kecamatan gunungsitoli utara, dari kota Gunungsitoli berjarak 20 kilometer dengan waktu tempuh 30 menit. 

Perpaduan pasir putih dengan pepohonan nyiur dan pinus serta birunya air laut menjadi daya tarik tersendiri bagi Anda yang datang ke tempat ini. Di sore hari, saat matahari terbenam. Suasana di pantai ini terasa begitu syahdu dan romantis. Tak jauh dari pantai terdapat pelabuhan kecil, tempat peristirahatan dan tempat makan yang akan menunjang kegiatan wisata Anda di tempat ini.

13. Keelokan Museum Pusaka Nias 


a photo by @etnisnias via instagram
Inilah salah satu museum terindah yang pernah ada di Indonesia. Museum pusaka Nias yang terletak di Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara ini sangat indah dengan berbagai koleksi artefak asli budaya nias dan terdapat juga papan tulisan sejarah kolonialisme. Museum indah ini terletak di pinggir laut yang membuat pemandangan di sekitar museum tampak begitu menakjubkan.

Bangunan museum yang sangat tradisional dan kebun binatang yang terdapat dalam kawasan museum menambah pesona museum ini. Selain itu, Anda dapat berenang di pinggir laut yang bersih dan sangat asri. Museum ini sangat cocok Anda jadikan sebagai objek wisata yang sangat edukatif dan indah tentunya.

14. Rumah Adat Desa Tumori 

sumber : tindaktandukarsitek.com
Di Desa Tumori ada sekitar sepuluh rumah adat tradisional yang memiliki keunikan dan kekhasan pulau Nias. Dari Bandar Udara Binaka Anda harus menempuh perjalanan sejauh 27 kilometer untuk mencapai lokasi desa ini melalui jalan Raya Pelud Binaka. Selain dapat melihat rumah adat, di desa ini Anda juga dapat melihat keindahan dan keunikan budaya yang sangat mempesona.

15. Keasrian Air Terjun Luaha Ndroi


a photo by @discovernias via instagram
Tak lengkap rasanya jika ke Nias Anda tak merasakan suasana alami air terjun Luaha Ndroi. Air terjun yang Terletak di Desa Fulolo, Kecamatan Alasa Kota Gunung Sitoli ini adalah salah satu maha karya indah Pencipta yang ada di Nias. 

Dari Bandara Binaka Anda harus melakukan perjalanan sejauh 52 kilometer menuju desa Fulolo. Setelah tiba di tugu selamat datang Anda perlu melakukan perjalanan yang cukup melelahkan sejauh kurang lebih 3 kilometer. Setibanya di lokasi Anda akan disambat gemuruh air terjun yang sangat menenangkan. Kicauan burung tak henti-hentinya silih berganti menyapa kehadiran Anda.

Tak lengkap rasanya jika Anda tak merasakan segarnya air terjun indah yang satu ini. Mengabadikan momen adalah hal wajib yang harus Anda lakukan di lokasi air terjun nan asri dan menakjubkan ini.

16. Eksotisme Pulau Tello

a photo by @discovernias via instagram
Satu lagi pulau yang menawarkan pesona yang luar biasa adalah pulau Tello. Pulau Tello adalah pulau indah yang menjadi favorit para bule yang berkunjung ke Nias Selatan. Gulungan ombak yang menakjubkan, kondisi yang tak terlalu ramai, pasir putih, birunya laut serta indahnya pemandangan membuat pulau ini menjadi dambaan dan layak dijadikan tempat berlibur maupun berbulan madu bagi Anda. 

17. Laut Mati di Pantai Indah Tureloto


a photo by @etnisnias via instagram
Inilah salah satu pantai yang menakjubkan lainnya di Nias. Di pantai Indah Tureloto Anda dapat mengapung seperti di Laut Mati yang ada di Timur Tengah. Pantai Tureloto terletak di Desa Balefadorotuho yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. 

Berjarak sekitar 88 kilometer dari Bandara Binaka Gunung Sitoli dengan waktu tempuh sekitar 2 jam perjalanan. Keindahan batu karang dan keindahan bawah laut membuat pantai ini sangat layak disebut-sebut sebagai salah satu pantai terindah di Nias. 

18. Pesona Indah Pulau Asu

a photo by @bebalazi.f.hulu via instagram
Wow, mungkin ini kata yang akan Anda ucapkan ketika Anda menginjakkan kaki di pulau Asu. Pulau indah ini menyimpan potret keindahan alam yang amat mempesona. Pulau yang indah ini memang terkesan begitu ekslusif dan mahal karena untuk sekali penyeberangan Anda harus merogoh kocek yang cukup mahal. Tetapi biaya tersebut akan terbayar ketika Anda melihat pesona indah pantai dan keajaiban bawah laut pulau Asu. Benar-benar menakjubkan.

19. Eksotisme Pantai Ladeha

a photo by @entisnias via instagram
Pantai Ladeha terletak di Desa Lolomoyo, Kecamatan Amandraya, Nias Selatan. Pantai nan indah ini merupakan destinasi baru yang begitu populer di masyarakat nias. Pantai yang menjadi lokasi favorit foto prewedding ini memiliki pesona yang begitu memukau mata dan di tempat ini juga terdapat kolam alami yang dapat Anda nikmati. 

20. Keajaiban Alam Desa Bawomataluo

a photo by @discovernias via instagram
Selain pesona tradisi lompat batu, ternyata Desa Bawomataluo menyimpan pesona keindahan alam yang amat mengagumkan. Desa yang terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara ini mempunya keindahan alam yang luar biasa. Di tempat ini terdapat 12 telaga yang sangat indah yang bernama Nam� Sifelendrua. Keduabelas telaga tersebut sangat indah dan memukau serta sagat layak untuk dijadikan tempat bersantai Anda menikmati keindahan alam Nias yang luar Biasa.

Nah, itu dia tempat-tempat indah yang ada Di Nias. Tak usah jauh-jauh ke Hawai. Ternyata keindahan alam Nias jauh lebih luar biasa. Semoga saja anugerah Tuhan tersebut dapat dikelola dengan baik dan dijaga keasriannya. Baca juga 15 Tempat Wisata di Sibolga Sumatera Utara Paling Menarik.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment