12 DESTINASI FAVORIT UNTUK DIVING DAN SNORKELING DI NUSA TENGGARA TIMUR

shares |

12 Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur 


ReyGina Wisata |  Alam Bawah Laut timur Indonesia memang dikenal masih belum tercemar sehingga terumbu karang dan biota-biota laut baik flora dan faunanya masih hidup secara alami di habitat aslinya. Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu wilayah di Indonesia bagian timur yang mudah dijangkau karena masih berbatasan dengan wilayah Indonesia bagian tengah. Popularitas kekayaan dan keindahan bawah laut di Nusa Tenggara Timur terutama di bawah Laut Flores semakin meningkat seiring dengan naiknya jumlah wisatawan untuk berkunjung ke Nusa Tenggara Timur terutama Ke Pulau Komodo.

Selain bertujuan untuk melihat sensasi Hewan Purba Komodo, Para wisatawan yang datang pastinya juga ingin menikmati kayanya flora dan fauna di sekitar Laut Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 

Di Laut Flores atau sekitar Labuan Bajo banyak terdapat pulau-pulau kecil yang sebagian sudah dibuka untuk umum dengan sejumlah resort yang terkesan sangat eksklusif dan privacy untuk para pengunjungnya. Sebagian besar pulau-pulau kecil di Laut Flores mensegmentasikan target marketnya khusus untuk para penyelam yang ingin Menjelajahi Keindahan Bawah Laut sekitar Pulau Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur Indonesia. Diwilayah ini sedikitnya terdapat 12 Destinasi Favorit Untuk Diving dan Snorkeling.

Berikut 12 Destinasi Favorit Untuk Diving dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur yang wajib Anda jelajahi sebelum menyaksikan Hewan Purba di Pulau Komodo.

1. Taman Laut 17 Pulau Riung

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Destinasi Favorit Untuk Diving dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur pertama adalah Taman Laut 17 Pulau Riung yang terletak di Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau tepatnya berada di perairan Desa Tadho, Kelurahan Benteng Tengah, Kelurahan Nangamese, Lengkosambi, Desa Sambinasi dan Desa Latung Kecamatan Riung atau berjarak sekitar 75 kilometer dari ibukota Bajawa, Kabupaten Ngada, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Di Taman Laut 17 Pulau Riung terdapat 17 pulau besar dan kecil yang letaknya saling berdekatan antara yang satu dengan lainnya. Pulau-pulau ini dapat dilihat dengan berkeliling menggunakan speedboat selama lebih kurang 2,5 jam. 

Perairan diwilayah ini memiliki beberapa jenis karang keras dan lembut serta ikan hias aneka warna. Semua keindahan laut di Taman Laut 17 Pulau Riung dapat dinikmati dengan mata telanjang dari atas perahu saat laut dalam keadaan tenang di pagi hari sekitar pukul 05.00 - 06.00.

Namun jika Anda ingin menikmati keindahan bawah laut secara langsung, Anda dapat memanfaatkan peralatan diving yang tersedia di Wisma Pesona Riung. Sementara di wilayah darat kawasan ini terdapat Kadal Raksasa Langka yang disebut dengan Mbou yang bentuknya mirip dengan Hewan Purba Komodo namun warna Mbou lebih menarik. 

2. Taman Laut Selat Pantar

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Keindahan dan keunikan Taman Laut Selat Pantar memang sangat menakjubkan. Bahkan jika dibandingkan dengan Taman Laut Pulau Komodo di NTT, Derawan di Kalimantan Timur, Bunaken Di Sulawesi Utara atau Raja Ampat Di Papua Barat, Taman Laut Selat Pantar masih yang terbaik. Meskipun taman-taman laut tersebut lebih populer, tetapi di mata divers kelas dunia Taman Laut Selat Pantar yang terletak di Kabupaten Alor, Provinsi Nusa Tenggara Timur lebih unggul dengan keindahannya yang sangat menakjubkan. 

Konon Taman Laut Selat Pantar merupakan Taman Laut Terindah Kedua Di Dunia setelah Taman Laut Kepulauan Karibia. Banyak wisatawan asing dan diver kelas dunia terkagum-kagum akan Keindahan Bawah Laut Selat Pantar sebab selain dimanjakan dengan keindahan bawah lautnya mereka juga menemukan fenomena alam bawah laut yang sangat langka dan menarik. 

3. Pulau Bidadari

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Pulau Bidadari adalah sebuah pulau kecil yang terletak di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT). Secara umum pulau ini terletak di antara gugusan pulau di Labuan Bajo memiliki Wisata Bahari yang sangat menakjubkan. Pulau Bidadari menjadi primadona wisata karena terdapat Taman Laut dengan keanekaragaman ikan hiasnya.  

4. Teluk Ninge

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Teluk Ninge merupakan bekas kampung tua yang bernama Kampung Ninge yang tenggelam ke dasar laut akibat bencana Tsumani yang terjadi pada tahun 1918. Bagaiman dahsyatnya badai Tsunami tersebut, Saat ini hanya menyisakan puing-puing reruntuhan bekas bangunan rumah seperti tiang penopang rumah dan kumpulan batu yang merupakan bekas tempat persembahan kepada leluhur di tengah kampung serta pecahan gerabah dan mangkuk yang kini telah menjadi rumah bagi terumbu karang. 

Daerah bekas Kampung Ninge kini telah menjadi salah satu Destinasi Favorit Diving dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur dengan pemandangan bawah lautnya yang sangat menakjubkan.

5. Tanjung Kajuwulu

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Tanjung Kajuwulu yang terletak di wilayah pesisir utara Kecamatan Magepanda, Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur atau berjarak 24 kilometer dai ibukota Maumere atau berjarak sekitar 20 kilometer dari Bandara Frans Seda Maumere merupakan salah satu Destinasi Favorit Diving dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur yang patut Anda kunjungi. Di wilayah ini terdapat sejumlah pantai berpasir putih yang keindahannya mampu menghipnotis setiap mata yang melihatnya.  Selain itu perairan di kawasan Maumere juga memiliki pemandangan bawah laut yang tak kalah cantiknya untuk diselami.

Tanjung yang dikelilingi bukit hijau yang menjulang indah ini memiliki pemandangan pantai dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih bagaikan kaca. Selain itu di bukit ini juga terdapat patung berbentuk salib yang tinggi.

6. Pulau Kepa

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Pulau Kepa ini bagaikan dunia yang terlupakan oleh laju peradaban. Sentuhan modernisasi masih begitu minim. Di pulau ini tak ada jalanan beraspal, kendaraan bermotor maupun warung yang menjajakan makanan. Pulau Kepa menawarkan kelegaan bagi Anda yang ingin menghilangkan penat dari rutinitas hidup sehari-hari.  Pulau ini memiliki pantai dengan hamparan pasir putih selembut tepung dan lautan biru yang jernih jauh dari keramaian. Memandang Laut Alor dari Pulau Kepa, Anda akan merasakan ketenangan jiwa dan raga.

Pulau yang berjarak 12 kilometer dari pusat Kota Kalabahi dan dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dengan berperahu motor dari Dermaga Alor Kecil . Perairan Pulau Kepa masuk ke dalam Taman Laut Teluk Mutiara yang merupakan salah satu Taman Laut Terindah Di Dunia dengan kekayaan keanekaragaman hayati biota laut terbaik di dunia.

7. Taman Laut Teluk Maumere

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Di Teluk Maumere setidaknya terdapat sembilan belas pulau. Taman Laut Teluk Maumere memiliki spot-spot terumbu karang serta berbagai jenis ikan hias dan biota laut lainnya. Selain memiliki pemandangan alam bawah laut yang sangat indah dan menakjubkan, Gugusan pulau-pulau di Selat Maumere memiliki pantai dengan panorama pasir putih yang bersih serta air laut yang jernih dan tenang. Teluk Maumere sangat cocok buat Anda yang ingin bersnokeling, diving dan wisata pantai lainnya.  

8. Pulau Kambing

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Pulau Kambing adalah salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang letaknya tidak terlalu jauh dari Labuan Bajo.  Walaupun pulau ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya di sekitar Labuan Bajo tetapi warna koral di perairan disini sangat beragam. Kala senja, Anda tidak hanya dapat melihat keindahan sunset di atas cakrawala Pulau Kambing Komodo saja tetapi Anda juga dapat menyaksikan pemandangan puluhan ribu kelelawar yang sedang meninggalkan sarangnya. 

Hamparan pasir putih serta birunya air laut di Pulau Kambing tentu saja memiliki kenikmatan tersendiri untuk Anda dan ingin langsung berenang atau snorkeling di pulau yang indah ini. Kami sarankan buat Anda yang ingin  berlibur ke Pulau Komodo untuk menambah paket Anda untuk dapat mengunjungi pulau yang memiliki pemandangan yang sangat luar biasa. Selain itu dapat melakukan aktivitas berenang, diving dan snorkeling, Di Pulau Kambing, Anda juga bisa naik keatas bukit kecil untuk sekedar berfoto sambil menikmati pemandangan alam dari atas bukit.

Pulau Kambing menyimpan keindahan koral dan karang yang membentang indah bagaikan surga. Nah sekarang janganlah lupa untuk memasukkan Pulau Kambing dalam daftar list Destinasi Favorit saat Anda berwisata ke Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

9. Pulau Seraya

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Mungkin tak banyak orang yang mengetahui bahwa dari Labuan Bajo kita tidak hanya bisa menuju Pulau Komodo atau Pulau Rinca saja. Tetapi sebenarnya masih banyak pulau-pulau lainnya yang dapat Anda kunjungi dengan keindahan alam yang tidak terlalu jauh berbeda dengan yang ada di Pulau Komodo atau Pulau Rinca. Diantara beberapa pulau tersebut terdapat Pulau Seraya yang hanya berjarak 10 kilometer sebelah utara Labuan Bajo.

Di Pulau Seraya hanya ada satu pihak yang berhak mengelola fasilitas penginapan. Letaknya langsung berhadapan dengan bibir pantai sehingga halaman depan kamarnya adalah hamparan pasir pantai dan air laut yang jernih. Type kamarnyapun berupa rumah panggung kecil yang lebih mirip dengan gubuk dengan bilik yang terbuat dari anyaman bambu dan kayu-kayu yang hanya berjarak 5 meter satu dengan yang lainnya.

Walaupun begitu, kesemua elemen tersebut tidak menghilangkan semangat dan gairah bagi siapapun yang datang mengunjungi pulau ini. Melihat keindahan bawah laut dengan mata telanjang dari atas perahu, berenang, berjemur, snorkeling, diving atau memancing menjadikan siapapun ingin menjelajahinya.

Keindahan terumbu karang di Pulau Seraya masih hidup dan alami. Melihat ikan-ikan hias bersembunyi di balik karang akan membuat Anda betah berlama-lama berada di pulau yang indah bagaikan surga ini.  

10. Pulau Sebayur

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Pulau Sebayur adalah salah satu pulau di Nusa Tenggara Timur yang memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Pulau yang sering dijadikan pusat singgah oleh banyak penyelam karena letaknya yang sangat dekat dengan beberapa titik diving terkenal indah di Laut Flores seperti Batu Bolong, Castle Rock, Crystal Rock, dan yang lainnya yang jaraknya hanya beberapa menit dari Pulau Sebayur. 

Pulau yang termasuk gersang ini tetap terlihat anggun dengan pantai berpasir putihnya nan lembut dengan air lautnya yang benar-benar jernih bening seperti kaca. Dari atas permukaan Anda akan nampak jelas melihat ikan-ikan dan biota lautnya hilir mudik di cela-cela batu karang.

Di Pulau Sebayur juga sudah terdapat resort  sebagai Dive Club berlinsensi PADI. Satu-satunya resort di Pulau Sebayur adalah Komodo Resort Dive Club yang dibangun oleh orang Italia. Pulau Sebayur hanya berjarak 30 menit perjalanan dengan menggunakan perahu dan 1,5 jam dari Pelabuhan Labuan Bajo.  

11 Pulau Kukusan

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Pulau Kukusan di Labuan Bajo, Provinsi Nusa Tenggara Timur juga merupakan salah satu Destinasi Favorit Untuk Diving dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur. Pulau yang hanya berjarak 45 menit dengan menggunakan perahu dari Pelabuhan Labuan Bajo ini memiliki pantai berpasir putih, air laut yang jernih serta ombak yang tenang. 

Di Pulau Kukusan Anda dapat menikmati keindahan bawah laut dengan terumbu karang yang masih alami nan indah serta beraneka ragam biota laut di sekitarnya. Selain itu Anda juga dapat melakukan aktivitas hiking keatas bukit yang ada di Pulau Kukusan untuk menikmati pemandangan pantai dan alam sekitar serta melihat fosil-fosil hewan purba yang berada Pulau Kukusan dari atas bukit sambil menunggu datangnya Matahari Tenggelam (Sunset)  

12. Pulau Kelor

Destinasi Favorit Untuk Diving Dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur

Pulau Kelor adalah salah satu Pulau Cantik yang berada di Flores, Nusa Tenggara Timur. Pulau tak berpenghuni namun sering dikunjungi oleh banyak wisatawan ini terletak sekitar 30 menit perjalanan dengan menggunakan perahu dari Labuan Bajo. Pulau sepi dengan pantai berpasir putih bersih nan lembut, air laut yang jernih serta terumbu karang yang cantik dan menakjubkan menjadikan Pulau Kelor sebagai Destinasi Favorit Untuk Diving dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Terumbu karang di Pantai Pulau Kelor cukup padat dilengkapi dengan aneka ikan warna-warni dan biota laut lainnya. Snorkeling disini adalah pilihan yang sangat sempurna. Anda pastinya akan merasa gemas melihat Ikan Badut atau yang biasa disebut dengan Ikan Nemo diantara anemon.

Ombak di pantai Pulau Kelor juga cukup tenang sehingga Anda juga bisa melakukan free dive. Dasar yang cukup dalam dengan terumbu karang yang cantik dan menakjubkan dapat Anda temui diarea yang tidak terlalu jauh dari tepi pantai.

Nah itulah 12 Destinasi Favorit Untuk Diving dan Snorkeling Di Nusa Tenggara Timur selain ke Pulau Komodo dan Pulau Pantar. Semoga artikel ini menjadi referensi tambahan buat Anda saat berniat mengunjungi Pulau Komodo, Pulau Pantar atau Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Indonesia.


sumber: tourism.nttprov.go.id


Related Posts

0 comments:

Post a Comment