10 Tempat Wisata Payakumbuh Sumatera Barat Paling Menarik dan Indah

shares |

Wisata Sumbar - Kecintaan kita kepada Indonesia membawa langkah kaki menapaki keindahan bumi pertiwi yang terbentang amat luas. Salah satunya keindahan alam yang ditawarkan Sumatera Barat yang membentang luas dan menyejukkan pandangan mata.

Salah satu kota yang ada di Sumatera Barat yang memiliki keindahan luar biasa adalah kota Payakumbuh. Sebuah kota kecil yang berlatar belakang Gunung Sago yang berada di ketinggian sekitar 514 mdpl.

Kota yang dibangun pada awalnya oleh pemerintah Hindia Belanda ini berjarak sekitar 128 kilometer dari pusat kota Padang. Dapat ditempuh dengan perjalanan darat dengan waktu sekitar tiga jam. Keindahan Payakumbuh, keramahan penduduk serta keunikan budaya membuat kota ini layak untuk Anda kunjungi selanjutnya. 

Apa saja tempat-tempat tersebut. Berikut Bang Mamad pilihkan sepuluh tempat terbaik yang bisa Anda kunjungi di Payakumbuh.

1. Padang Mangateh


a photo by @kyemelinda via instagram
Inilah New Zealand- nya Indonesia, Padang Mangateh atau Padang Mengatas merupakan padang rumput yang berada di ketinggian yang menawarkan pemandangan amat menakjubkan. Padang rerumputan yang luas merupakan padang yang dijadikan tempat peternakan sapi.

Padang rumput yang memiliki luas 289 hektare ini membuat Anda tidak menyangka sedang berada di Indonesia. Ya, padang rumput hijau dan subur dengan luas seperti ini biasanya hanya ada di negeri lain seperti New Zealand.

Tempat ini sangat instagramable untuk dijadikan lokasi foto Anda selanjutnya. Ribuan sapi ternak yang ada di tempat ini seakan-akan memberikan pesona keindahan yang amat berbeda. Benar-benar tempat yang menarik untuk Anda kunjungi.

Selain melihat pemandangan rumput nan amat luas dan ribuan sapi, Anda akan disuguhkan view indah Gunung Sago serta bebukitan yang mengelilingi tempat ini. Amazing, itulah kesan pertama ketika kaki berpijak di tempat ini. Rasanya ingin berlama-lama dan tak ingin beranjak pulang.

2. Air Terjun Lubuak Bulan



sumber : harricd.blogspot.co.id
Letaknya yang tak begitu jauh dari pusat kota Payakumbuh merupakan salah satu alasan mengapa air terjun ini menjadi salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi.

Air terjun indah ini memiliki lubuk yang berbentuk bulan sabit dan dikelilingi dengan tebing-tebing tinggi. Ketinggian air terjun ini sekitar 50 meter. Berada di lokasi air terjun ini Anda akan merasakan suasana  yang begitu mengasyikkan. Anda dapat mandi di kolam yang cukup unik ini.

Air terjun ini terletak di jorong koto Tinggi Kubang Balambak, kenagarian Simpang Kapuak, kecamatan Mungka, kabupaten Lima Puluh Kota. Berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota Payakumbuh.

Kemudian sesampai di Jorong Koto Tinggi Anda harus memarkir sepeda motor Anda untuk melakukan trekking selama 3 jam melewati hutan lebat. Rasa lelah Anda akan terbayar ketika mata Anda melihat pesona keindahan air terjun ini.

Sunyi, tenang dan indah, itulah kesan melihat air tejun yang dapat dikatakan air terjun terunik di Indonesia ini. Mengunjungi setiap air terjun di Indonesia memang selalu memiliki suatu kesan yang berbeda-beda tentunya. Salah satunya air terjun ini.

3. Kelok 9

sumber : pecintaalam.org
Kalau di Agam ada kelok 44 maka di Payakumbuh ada kelok 9 yang memiliki arsitektur dan pemandangan alam yang luar biasa. Dikelilingi bebukitan dan pepohonan hijau serta lengkungan yang indah membuat jembatan ini menjadi salah satu spot foto terbaik di Indonesia.

Jembatan yang menghubungkan propinsi Sumatera Barat dan Riau ini merupakan jembatan hasil karya anak bangsa yang dibangun awal pada tahun 1910 oleh pemerintah Belanda dan diperkokoh pada tahun 2003 silam.

Sangat sayang rasanya jika Anda ke Payakumbuh ataupun Lima Puluh Kota tanpa singgah di jembatan layang yang menjadi salah satu landmark dan kebanggaan Sumatera Barat Ini. Mengabadikan momen di atas tempat ini meninggalkan kesan dan keindahan yang begitu mempesona.

4. Ngalau Indah

a photo by @temy_w  via instagram
Ngalau Indah merupakan sebuah gua yang berada di kelurahan Pakan Sinayan kecamatan Payakumbuh Barat kota Payakumbuh. Gua ini berjarak sekitar 4 kilometer dari pusat kota Payakumbuh dan sekitar 31 kilometer dari bukit tinggi. 

Sesampai di Gua ini Anda akan melihat sebuah keindahan yang amat menakjubkan. Gua yang berada di bawah lereng bukit Simarajo ini merupakan tempat hidup kelelawar monyet hutan.

Suasana di Gua ini terasa begitu sunyi, gelap dan sedikit menakutkan. Merinding, itulah kesan pertama sampai di Gua yang cukup besar ini. Keindahan gua ini begitu terasa ketika Anda membawa alat penerangan dan memandangi keindahan di dalamnya.

Tak hanya dalam gua yang indah, pemandangan alam ketika Anda menapaki langkah dengan menaiki tangga menuju gua ini sungguh menakjubkan. Tampak pemandangan sawah nan luas dan pemandangan kota Payakumbuh dari ketinggian. 

Fasilitas di tempat ini terbilang cukup walaupun belum maksimal diberdayakan. Beragam fasilitas yang dibangun pemerintah belum terkelola dengan baik. Fasilitas tersebut seperti lampu penerangan, jalan penghubung dan anak tangga, area parkir yang luas, taman-taman bermain yang bersih dan luas, warung makan dan jajanan.

Untuk memasuki area ini Anda diharuskan membayar tiket masuk Ngalau Indah sebesar Rp. 5000 - Rp. 10.000,- /orang. Keindahan Ngalau ini menjadi salah satu lukisan alam yang patut kita syukuri dan kita kunjungi tentunya.

5. Ngalau Sompik

sumber : instidy.com
Berada bersebelahan dengan ngalau indah, Ngalau Sompik atau Ngalau Sempit menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. Goa ini dikatakan Ngalau sempit karena ukurannya tak lebih besar dari Ngalau Indah. Ngalui Sompik juga merupakan salah satu objek wisata favorit di Payakumbuh yang memiliki pemandangan hutan hijau dan cantik.

6. Puncak Marajo


sumber : www.indonesiakaya.com
Baca juga : 
Pantai Air Manis, Tempat Wisata Terindah di Padang Sumatera Barat
Pesona Keindahan Bukit Langkisau Painan yang Menakjubkan
Tempat Wisata Paling Hits di Solok Sumatera Barat Puncak Gobah Aripan

Dari Ngalau Indah Anda dapat melakukan trekking sejauh satu kilometer menuju Puncak Marajo. Sebuah puncak yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan.Pemandangan alam hijau, bukit dan gunung yang mengelilingi tempat ini membuat berada di tempat ini terasa begitu mengasyikkan. 

Rasa lelah akan terbayar ketika Anda melihat pesona keindahan Puncak Marajo. Tak lengkap rasanya jika Anda ke Ngalau Indah dan ke Ngalau Sompik tanpa melanjutkan perjalananke Puncak Marajo.

 7. Panorama Ampangan


sumber : malaladot-com.blogspot.co.id
Inilah salah satu tempat Anda memandangi keindahan alam yang begitu luar biasa. Sebuah lokasi foto terbaik dan bersantai terbaik bagi warga Payakumbuh dan Lima Puluh Kota. Dari sini Anda dapat menyejukkan mata dan menghilangkan penat Anda sementara. 

Panorama Ampangan terletak di kaki gunung Sago, perbukitan Kenagarian Aur Kuning, Kelurahan Ampangan, Kecamatan Payakumbuh Selatan. Berjarak sekitar 7 kilometer dari pusat kota Payakumbuh.

Tiket masuk ke Panorama Ampangan adalah sebesar Rp2.000.- perorang dan jika Anda menggunakan kendaraan, maka Anda akan dikenakan  biaya parkir Rp2.000,-. Untuk ke tempat ini perlu persiapan yang matang ya guys. Karena di tempat ini masih sangat minim penjual makanan ataupun fasilitas penunjang wisata Anda.

8. Jembatan Ratapan Ibu

a photo by @mtma_payakumbuh  via instagram
Mengunjungi Payakumbuh tak lengkap rasanya jika tak mengunjungi jembatan bersejarah yang memiliki pemandangan amat indah. Jembatan Ratapan Ibu dibangun pada tahun 1818 oleh pemerintah Hindia Belanda dengan tenaga paksa rakyat Indonesia.

Jembatan ini yang melintasi Sungai Batang Agam ini dibangun untuk menghubungkan Pasar Payakumbuh dan nagari Aie Tabik. Dinamakan jembatan ratapan ibu karena jembatan ini merupakan salah satu tempat pemerintah Belanda mengeksekusi para pemuda yang jenazahnya langsung dibuang ke Sungai ini.

9. Menikmati makanan khas botiah dan galamai



sumber : wisatakandi.com
Kuliner Sumatera Barat memang mendunia. Rendang, sate dan makanan lainnya menjadi salah satu makanan favorit rakyat Indonesia maupun mancanegara. Salah satunya Galamai dan Botiah yang merupakan makanan khas Payakumbuh.

Makanan sejenis dodol ini merupakan penganan dan oleh-oleh yang bisa Anda bawa pulang. Citarasa makanan yang terbuat dari tepung ketan ini akan memberikan kepuasana tersendiri bagi dahaga kuliner Anda.

10. Kapalo Banda Taram


sumber : westsumateraguide.blogspot.co.id
Inilah salah satu tempat yang dikatakan mirip dengan tempat di Vietnam. Kepala Bandar adalah sebuah danau dengan pemandangan yang menakjubkan. Kapalo Banda terletak Nagari Taram, Kecamatan Harau, Payakumbuh. Pemandangan indah ini merupakan salah satu tempat wajib Anda kunjungi di mana Anda dapat berakit bambu di atas Danau ini.

Itulah keindahan Payakumbuh yang dapat Anda pilih sebagai tujuan wisata Anda selanjutnya. Selain mengunjungi 10 tempat tersebut Anda juga dapat mengunjungi Lembah Harau yang tak terlalu jauh dari tempat ini. Jaga terus alam Indonesia ya guys, jangan kotori dan rusak keindahannya.

Related Posts

0 comments:

Post a Comment