8 Tempat Wisata di Calang Aceh Jaya yang Wajib Anda Kunjungi

shares |

Wisata Aceh - Keindahan alam Aceh sulit untuk habis dibicarakan. Karena disetiap sudut wilayah daerah ini memiliki tempat-tempat mempesona dan menarik untuk Anda kunjungi. Salah satunya adalah di kabupaten Aceh Jaya yang merupakan pemekaran dari kabupanten Aceh Barat ini.

Sebuah daerah yang kaya peninggalan sejarah dan keindahan alam yang bisa Anda eksplor. Mengunjungi daerah yang satu ini, akan memberikan kesan yang mendalam bagi perjalanan wisata Anda. Apa saja tempat-tempat wisata nan indah yang ada di Calang dan sekitarnya.

Kali ini Bang Mamad pilihkan tujuh di antara yang terbaik untuk Anda kunjungi. Berikut tempat-tempatnya.

1. Memandangi Lumba-lumba di Puncak Lageun


sumber : www.amazine.co
Nah, ada hal unik dan langka yang mungkin dapat Anda temui di daerah yang terkena tsunami paling parah pada tahun 2004 silam. Selain pemandangan alam dengan hamparan pasir putih dan laut membiru serta pemandangan pulau-pulau nan menakjubkan. Dari puncak ini, Anda juga dapat melihat lumba-lumba bergerombolan bermain di pagi hari. 

Pemandangan langka itu memang jarang ditemui, hanya jika beruntung saja Anda dapat bertemu lumba-lumba tersebut yang biasanya keluar di pagi hari menjelang siang. Puncak yang terletak di Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya ini memang merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati alam begitu indah.
sumber : miftahul-syifa.blogspot.co.id
Untuk sampai ke puncak Lageun Anda harus melakukan perjalanan selama 4 jam untuk mencapai lokasi puncak ini. Sedangkan dari Calang hanya berjarak 15 menit. Di lokas i terdapat beberapa penjual kelapa muda dan makanan yang dapat menambah suasana bersantai di tempat ini.

2. Keindahan di Teluk Rigaih


sumber : www.sea-seek.com
Sejauh mata memndang tak ada kata lain yang keluar dari mulut Anda. Indah, itulah kesan ketika melihat pesona Teluk Rigaih. Objek wisata ini terletak di Desa Rigaih Kecamatan Setia Bakti, Aceh Jaya. Berjarak sekitar 124 kilometer dari Banda Aceh dengan waktu tempuh sekitar 2 jam setengah.

Sedangkan dari Calang hanya berjarak sekitar 10 kilometer dengan waktu 15 menit. Keindan Teluk Rigaih dengan gugusan pulau di hadapannya, bebukitan yang mengelilinginya, garis pantai dan alam bawah laut yang menakjubkan membuat tempat yang satu ini sangar recomended untuk menjadi destinasi utama Anda di Aceh Jaya.

3. Pantai Pasi Saka


sumber : instarix.com
Pantai yang amat sulit untuk di capai karena harus melewati dua bukit hutan dan jalan yang sempit ini memang belum begitu tersohor namanya. Pantai ini terletak di Gampong Mata Ie kecamatan Montasik Aceh Jaya. Berjarak 138 kilometer dari kota Banda Aceh.

Dari Gampong Mata Ie Anda harus berjalan kaki selama 20 menit untuk sampai ke pantai yang masih perawan. Ini surga yang jarang di sentuh orang. Pemandangan alami dengan hamparan pasir dan laut yang menakjubkan. Anda dapat puas memandangi keindahan alam dari bebukitan yang berada di sekitar pantai ini. 

4. Arung Jeram Sungai Teunom Aceh Jaya


sumber : progorafting.com
Tak hanya pantai, Aceh Jaya juga memiliki sungai Teunom yang dapat menguji Adrenalin Anda. Arena arung jeram dengan pemandangan indah dan sejuk. Sungai Kreung Teunom menyimpan banyak keindahan alam baik panorama serta flora dan fauna.

Di Sungai panjang tersimpan keindahan alam yang membuat aktivitas arung jeram Anda menjadi sangat menarik. Di sungai yang bermuara ke Desa Sarah Raya ini terdapat tebing bebatuan karas yang menghimpit sisi sungai dengan ketinggian bervariasi. Keindahan Sungai ini layak Anda jadikan ekspedisi utama di Aceh Jaya.

5. Puncak Gunung Geurutee


a photo by @tapak_ba via instagram
Memandangi keindahan pantai dari puncak Gunung tentunya bukan hal yang biasa. Gunung yang terletak di antara Aceh Jaya dan Aceh Besar ini boleh dibilang menawarkan sejuta keindahan yang akan membuat siapa saja terpesona. 

Gugusan pulau-pulau nan berbukit dan pantai serta birunya laut dapat Anda singgahi di gunung yang terdapat jalan lintas ini. Keindahan yang begitu menakjubkan ini sangat sayang untuk di lewatkan.

6. Pulau Tsunami


sumber : Sportourism.id
Pulau yang tak jauh dari Puncak Geurutee ini juga tak kalah indahnya. Pulau ini terletak di Kecamatan Jaya (Lamno) yang berjarak sekitar dua jam dari Banda Aceh. Keindahan pulau ini begitu memanjakan mata Anda. Apalagi pulau ini terbentuk akibat tsunami yang terjadi 2004 silam.

7. Pulau Reusam


a photo by @sherenaputri via instagram
Pulau yang banyak menyimpa bukti sejarah penjajahan Jepang dan Belanda ini adalah salah satu pulau tercantik yang dimiliki aceh jaya. Pemandangan pohon-pohon cemara yang rindang, pantai pasir putih bersih serta birunya laut akan tersuguhkan sejauh mata memandang.

Pantai pasir yang landai membuat berenang di pulau ini terasa begitu mengasyikkan. Pesona lainnya adalah warni-warni ikan dan terumbu karang di bawah laut menjadikan tempat ini adalah spot menyelam terbaik. 

Untuk sampai ke pulau ini Anda dapat menggunakan jasa speed boat yang berangkat desa Batee Tutong dan desa Rigaih dengan lama waktu berlayar 15 menit, dari ibukota kabupaten (Calang) berjarak 4 km. Untuk tarif Anda harus bisa tawar menawar ya.

8. Pulau Sungai Keluang


a photo by @apriansyah24 via instagram
Nah, tak kalah indahnya adalah pulau Sungai Keluang. Pulau ini berdampingan dengan pulau tsunami yang menawarkan sejuta pemandangan amat indah. Keindahan yang sulit terlukiskan.

Sebenarnya masih banyak keindahan Aceh Jaya yang bisa Anda kunjungi. Karena setiap jengkal tanah Aceh Jaya selalu terlihat menyejukkan mata. Benar-benar indah dan semoga keindahannya tetap terjaga. Baca juga 10 Tempat Wisata di Sigli Kabupaten Pidie Aceh Paling Menarik

Related Posts

0 comments:

Post a Comment